detikHot

art

Kenangan Bersejarah Graha Bhakti Budaya yang Dibongkar Demi Revitalisasi TIM

Kamis, 06 Feb 2020 15:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Proses revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) sudah mulai dilakukan hingga tahap II. Beberapa gedung juga sudah mulai proses pembongkaran. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Graha Bhakti Budaya menjadi salah satu bangunan di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang dibongkar demi revitalisasi. Ada sederet kenangan bersejarah dari gedung yang dibangun di era Ali Sadikin ini.

Graha Bhakti Budaya tak sekadar bangunan yang berdiri bersama bioskop XXI di TIM. Gedung berkapasitas 811 telah menjadi saksi bisu bagi penyelenggaran berbagai pementasan para seniman.

Di masa jayanya, Graha Bhakti Budaya menjadi lokasi bagi berlangsungnya drama 'Be Bop' dan 'SSSTTT' karangan WS Rendra. Dikutip dari situs tamanismailmarzuki.co.id, drama klasik Yunani 'Oedipus Rez', 'Menunggu Godot', 'Hamlet', dan pentas lainnya pernah digelar di Graha Bhakti Budaya.



Koreografer Sardono W Kusumo juga pernah menggelar pementasan 'Samgita Pancasona' yang menyuguhkan konsep gerak tak terbatas. Sama halnya dengan Farida Oetojo yang dikenal sebagai pendiri sekolah balet 'Sumber Cipta'.

Komponis Slamet Abdul Sjukur dengan konser pianonya juga menggelar pentas di Graha Bhakti Budaya. Serta sutradara teater Arifin C Noer, Teguh Karya, Bagong Kussudiardjo, Huriah Adam sampai karya seniman lainnya.

(tia/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com