Kenang WS Rendra, 'Panembahan Reso' Buktikan Tak Lekang oleh Zaman

Bayu Ardi Isnanto - detikHot
Senin, 20 Jan 2020 09:37 WIB
1.

Kenang WS Rendra, 'Panembahan Reso' Buktikan Tak Lekang oleh Zaman

Kenang WS Rendra, Panembahan Reso Buktikan Tak Lekang oleh Zaman
Foto: Bayu Ardi Isnanto/ detikhot
Solo - Mahakarya dari seniman WS Rendra 'Panembahan Reso' kembali dipentaskan setelah terakhir digelar pada 1986. Meski lebih dari 30 tahun berlalu, karya seni teater ini diyakini tak lelang oleh zaman.

Pertunjukan akan dipentaskan pada 25-26 Januari 2020 mendatang di Ciputra Artpreneur, Ciputra World, Kuningan, Jakarta Selatan. Jika pentas pada 1986 dimainkan sampai 8 jam, kini materi dipadatkan hingga ditampilkan dalam 2,5 jam.

Hanindawan yang ditunjuk sebagai sutradara, mengatakan tak ada tokoh yang hilang akibat pemadatan tersebut. Pria asal Solo itu memastikan tidak ada inti cerita yang hilang.



"Ibarat sungai, saya mengambil arusnya, tidak akan mengurangi dinamika cerita. Risikonya tetap ada dialog yang hilang, seperti dialog repetitif atau yang basa-basi," kata Hanin dalam jumpa pers di ISI Surakarta, Minggu (19/1/2020) malam.

Namun Hanin juga mengatakan hadir sebagai penafsir teks Rendra. Sutradara dari Teater Gidag-Gidig ini mengakui telah mengubah sebagian cerita untuk menyesuaikan konteks dalam kehidupan zaman ini.

"Misalnya ada tokoh Ratu Kenari yang dalam teks ceritanya mati bunuh diri, tapi di sini tidak saya matikan. Sebaliknya, ada tokoh yang di teks asli hidup, tapi saya matikan," ujar dia.