detikHot

art

Keren! Lukisan Tertua Ditemukan di Gua Sulawesi Berusia 44 Ribu Tahun

Jumat, 13 Des 2019 08:07 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Lukisan Prasejarah Foto: Lukisan Prasejarah
Jakarta -

Sebuah lukisan ditemukan di dinding gua di Sulawesi yang ternyata berusia 44 ribu tahun. Temuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal Nature yang ditulis seorang arkeolog dari Universitas Griffith, Brisbane, Australia.

Beberapa peneliti menyatakan lukisan itu menjadi salah satu yang tertua. Lukisan menggambarkan seekor kerbau sedang diburu oleh sebagian manusia.

Lukisan hewan tertua tersebut ditemukan di Leang Bulu'Sipong 4 di bagian selatan Sulawesi. Arkeolog Adam Brumm menuturkan pertama kali melihat foto-foto itu dua tahun yang lalu setelah seorang rekan di Indonesia merontokkan pohon ara untuk mencapai lorong gua.


"Saya belum pernah melihat gambar yang seperti ini," ujarnya dilansir dari BBC, Jumat (13/12/2019).

Ia mengaku telah melihat ratusan gambar lukisan hewan di dalam gua lainnya namun belum pernah ada yang memperlihatkan adegan berburu. Menurutnya, di Sulawesi ada 242 gua atau tempat perlindungan kuno.

Setiap tahunnya, selalu ada situs-situs prasejarah baru ditemukan. Tahun lalu, sebuah lukisan gua di Kalimantan dianggap sebagai yang tertua dan diprediksi berusia 40 ribu tahun.



Tapi lukisan gua tertua di dunia ditemukan di atas fragmen batu di Afrika Selatan yang diperkirakan usianya mencapai 73 ribu tahun.




Simak Video "Sensasi Karya Seni Nyentrik di Wave Of Tomorrow 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com