Lukisan 'Susi Duyung' Jadi Plesetan yang Penuh Humor

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 01 Des 2019 14:35 WIB
Lukisan Susi Pudjiastuti Foto: dok. Hari Budiono
Jakarta - Sosok Susi Pudjiastuti digambarkan seperti putri duyung yang memegang senjata laras panjang. Gambar Bu Susi yang dilukis seniman asal Yogyakarta, Hari Budiono, itu menjadi fenomena dan membuat Bu Susi bernostalgia mengunggahnya kembali ke akun Twitter.

Hari Budiono mengatakan sosok Bu Susi sengaja ditampilkan perkasa dan seorang patriot negeri. Judul 'Susi Duyung' pun diakuinya merupakan plesetan.

"Itu bahasa plesetan yang sangat luar biasa, apapun bisa diplesetkan. Saya plesetin jadi 'Susi Duyung' yang mengandung humor. Di balik humor ya ditampilkan dengan nuansa serius sekali," tutur Hari ketika dihubungi detikcom.




Ia mengibaratkan sosok Bu Susi yang menjadi putri duyung menjadi legenda dan penghuni laut yang paling setia, baik, cantik, tapi juga penuh ketegasan. Jiwa perjuangannya pun luar biasa.

"Versi Bu Susi yang saya gambarkan juga seperti itu. Ada sayapnya, bisa terbang, dan memang membawa senjata lengkap. Siap menghancurkan siapa saja yang berbuat kejahatan," kata Hari.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu digambarkan menjadi putri duyung berwarna biru laut. Bu Susi tampak memakai bra berbahan kulit lengkap dengan sarung tangan panjang, uniknya ia tampak tersenyum dan memegang senjata laras panjang.

Simak Video "Beri Selamat-Doa ke Trenggono, Susi Pudjiastuti: Semoga Amanah"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)