detikHot

art

Mengenang Ciputra, Kolektor Seni Terbanyak Lukisan Hendra Gunawan

Rabu, 27 Nov 2019 08:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Pengusaha nasional pemilik Grup Ciputra, Dr (HC) Ir Ciputra meninggal dunia di Singapura dalam usia 88 tahun. Pria yang akrab disapa Pak Ci itu juga dikenal sebagai kolektor seni yang mengoleksi sekitar 130-an karya Hendra.

Di antaranya adalah 88 lukisan yang semuanya tersimpan rapi serta dalam perawatan di Singapura. Serta sebagian besar berada di dalam museum di kawasan Ciputra Artpreneur, di lantai 11 Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Nama Pak Ci pun didaulat sebagai kolektor seni terbanyak karya-karya maestro seni lukis Hendra. Dia pun pecinta lukisan dan karya-karya seniman Tanah Air. Sejumlah pembukaan pameran seni kerap didatanginya.


Di perayaan 100 tahun maestro seni lukis Hendra Gunawan di Ciputra Artpreneur pertengahan 2018 lalu, detikcom pernah mewawancarai Ciputra. Ia mengaku kepincut saat pertama kali melihat karya-karya Hendra Gunawan.

"Saya melihat lukisan itu waduh saya bilang luar biasa sekali ini, lantas tertarik dan tergerak hati saya. Saya cari siapa pelukisnya dan saya beli. Saya bekerja, kalau ada uang dalam setahun satu atau dua lukisan saya beli," tuturnya.

Mengenang Ciputra, Kolektor Seni Terbanyak Lukisan Hendra Gunawan
(tia/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com