detikHot

art

Festival Seni Media 2019 Resmi Dibuka, 28 Seniman Mancanegara Unjuk Gigi

Kamis, 24 Okt 2019 10:34 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Festival Seni Media 2019 Resmi Dibuka, 28 Seniman Mancanegara Unjuk Gigi Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Festival seni media internasional 2019 yang bernama 'Instrumenta #2' resmi dibuka hingga 19 November 2019 di Galeri Nasional Indonesia. Sebanyak 28 seniman Indonesia dan mancanegara unjuk gigi meramaikan festival bergengsi yang mengusung tema 'Machine/Magic'.

Digelar oleh Direktorat Kesenian dan Direktorat Kebudayaan Kemendikbud, festival ini berbeda dari pameran seni maupun acara serupa.

"Festival ini dekat dengan kebudayaan kontemporer yang hype sekarang. Kami mengangkat tema machine, kami mau punya kekhasan tertentu yang membentuk festival ini bagi masyarakat luas," tutur Direktur Artistik Instrumenta, Agung Hujatnikajennong, di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (24/10/2019).

Festival Seni Media 2019 Resmi Dibuka, 28 Seniman Mancanegara Unjuk GigiFoto: Tia Agnes/ detikHOT




Instrumenta #2 berada dalam ranah antara seni media dan fiksi ilmiah sebagai konsep atau praktik. Fiksi ilmiah dikenal populer di dunia budaya populer, misalnya komik, mainan, film sains, dan lain-lain. Fiksi ilmiah pun menjadi inspirasi bagi tema festival kali ini.

"Sains fiction sering dianggap sebagai seni rendah, ada stigma atau bias satu fenomena yang tidak jelas. Dan menurut kami seni bersandar pada asumsi dalam sains dan ini yang menginspirasi kami," tutur Agung. (tia/wes)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com