DetikHot

art

Makna Spiritual Kata 'Innalillahi' di Karya Instalasi Tisna Sanjaya

Selasa, 30 Apr 2019 13:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Makna Spiritual Kata Innalillahi di Karya Instalasi Tisna Sanjaya Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Bagi seniman asal Bandung Tisna Sanjaya yang sudah puluhan tahun berkarya, seni dan agama tak bisa dipisahkan. Kedua hal tersebut berjalan beriringan hingga membentuk makna tersendiri dalam karya-karyanya.

Sama seperti karya seni instalasi Tisna yang dipajang dalam pameran 'Dunia dalam Berita' di Museum MACAN Jakarta. Terdapat kata 'innalillahi wa inna illahi rojiun' dan lambang Pancasila.

"Saya niat dari dalam, selalu kritik didasari oleh nilai-nilai spiritual. Karena saya percaya pada agama yang saya pelajari sejak kecil, kata itu bukan berarti hal yang buruk tentang orang meninggal," ujarnya ketika berbincang dengan detikHOT di Museum MACAN, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (29/4/2019).



Pada dasarnya, lanjut Tisna, karya-karyanya penuh dengan rasa keberagaman. "Termasuk adanya lambang Pancasila yang jadi dasar negara dan agama itu sendiri," lanjutnya lagi.

Karya tersebut diungkap Tisna dibuatnya di periode menjelang dan setelah Reformasi. Bahkan sarat dengan kondisi sosial politik yang masih kontekstual dengan masa kini.

"Konteks sekarang terutama politik identitas selalu muncul tapi kita sebagai bangsa Indonesia itu beragam, lepaskan itu semua. Kita harus bersatu dan lahirkan gotong royong," lanjutnya.

Dia pun menambahkan, "Ruang-ruang seni seperti ekspresi dalam berkesenian harus diperbanyak ke depannya. Karena itu yang dimaksud dengan rasa kebangsaan."

Karya instalasi Tisna Sanjaya bersama 9 perupa kontemporer lainnya dalam pameran seni 'Dunia dalam Berita' bisa dilihat publik mulai 1 Mei mendatang. Eksibisi berlangsung hingga 21 Juli 2019.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed