detikHot

art

Pemain 'I La Galigo' Terkenang Pengalaman Pentas di New York

Jumat, 22 Mar 2019 15:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Pemain I La Galigo Terkenang Pengalaman Pentas di New York Foto: Tia Agnes Pemain 'I La Galigo' Terkenang Pengalaman Pentas di New York Foto: Tia Agnes
Jakarta - Pertunjukan 'I La Galigo' sukses dipentaskan keliling dunia ke berbagai negara selama 20 tahun. Juli mendatang, pentas yang disutradarai Robert Wilson bakal digelar di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta.

Salah seorang pemain 'I La Galigo' Sri Qadariatin menceritakan satu pengalaman berkesan saat pentas di New Lincoln Center Festival New York.

"Di tahun 2005 kami pentas di New York dan itu adalah pementasan yang luar biasa sekaligus menantang bagi kami, termasuk saya," tuturnya saat diwawancarai detikHOT di Ciputra Artpreneur.

"Saya tidak tahu kalau orang-orang New York sangat antusias dengan pertunjukan 'I La Galigo'. Tiketnya sudah sold out jauh-jauh hari, dan mereka ternyata standing ovation," lanjut perempuan yang juga bermain di 'Perempuan Perempuan Chairil' (2017).



Di lakon 'I La Galigo', ia berperan sebagai We Cudaiq atau ibunda dari Galigo. Saat menciptakan gerakan untuk karakternya, perempuan yang akrab disapa Uung itu berlatih bersama sang sutradara.

"Saya berdiri di samping Robert Wilson dan harus hapal. Saat itu juga saya mencerna dan tubuhku me-recall dengan cepat. Ini tuh yang menarik prosesnya," tutur Uung.

Dia pun menambahkan, "Ketika karakternya sudah tur ke mana-mana sudah fasihlah gerakannya. Sudah rutin dan tidak ada tantangan, tapi menariknya begitu masuk ke ruangan berbed maka berbeda pula rasanya. Energi penonton yang atmosfernya saya serap," pungkasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com