DetikHot

art

Tarian Aceh Jadi Pembuka Asian Games karena Diminta Khusus Jokowi

Senin, 20 Ags 2018 16:01 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tarian Aceh Jadi Pembuka Asian Games karena Diminta Khusus Jokowi Tarian Aceh Jadi Pembuka Asian Games karena Diminta Khusus Jokowi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tarian hasil modifikasi dari Saman dan Ratoh Jaroe ciptaan Denny Malik menjadi aksi pembuka Asian Games 2018 yang memukau penonton. Sampai sekarang netizen di media sosial masih membicarakan tentang tari yang berjudul 'Garis Indonesia' tersebut.

Sang koreografer Denny Malik menuturkan tarian tersebut sengaja menjadi pembuka lantaran permintaan khusus dari Presiden Jokowi.

"Pak Jokowi memang meminta langsung," tutur Denny ketika dihubungi detikHOT, Senin (20/8/2018).



Selain itu, masih ada beberapa alasan lainnya. Salah satunya lantaran Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia dan tarian Aceh sarat dengan unsur Islami.

Tarian Aceh Jadi Pembuka Asian Games karena Diminta Khusus JokowiTarian Aceh Jadi Pembuka Asian Games karena Diminta Khusus Jokowi Foto: Agung Pambudhy


"Kita membuka dengan salam. Tari Ratoh Jaroe dan Saman juga sudah diakui oleh UNESCO dan dunia. Sudah tercatat jadi warisan budaya. Istilahnya heritage juga, sama kayak reog Ponorogo," tuturnya.

Alasan lainnya, tarian tersebut juga memiliki makna tersendiri. Yakni persatuan dan kesatuan yang menjadi kekuatan. Ke-1500 penari merapatkan barisan dan menari secara serempak.

Menurut Denny, ada juga makna dari sisi spiritual. "Secara salat juga kan harus merapatkan barisan. Tari Saman juga narinya kan rapat-rapat, jadi memang tepat sekali sebagai makna persatuan dan kesatuan," tukas dia.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed