DetikHot

art

Pameran Seni '57 x 76' Ajak Pengunjung 'Adu Muka' Bukan Adu 'Punggung'

Jumat, 22 Jun 2018 10:07 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Seni 57 x 76 Ajak Pengunjung Adu Muka Bukan Adu Punggung Pameran Seni '57 x 76' Ajak Pengunjung 'Adu Muka' Bukan Adu 'Punggung' Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Pameran seni hasil kolaborasi dari dua maestro Hanafi dan Goenawan Mohamad resmi dibuka semalam. Lebih dari 80 karya yang tercipta dipamerkan di Gedung A Galeri Nasional Indonesia.

Sejak pintu depan Gedung A, pengunjung akan disuguhi beragam karya mengagumkan dari keduanya. Di sela-sela tur media, Hanafi mengatakan sisi lain dari pameran ini adalah unsur 'deformasi'.

"Ada deformasi dalam melihat pameran. Orang yang biasanya 'adu punggung' sekarang 'adu muka'," ujar Hanafi Kamis (21/6/2018).



Istilah dan konsep deformasi sengaja dihadirkan Hanafi dan Goenawan Mohamad untuk mengkritisi terselenggaranya sebuah pameran seni. Ia ingin karya seni tak hanya digantung ke dinding tapi juga bisa dinikmati dengan cara berbeda.

Strategi tersebut yang diharapkan Hanafi bisa mendatangkan banyak pengunjung. "Konsep kayak gini sekarang tidak ada yang merasa terganggu di foto. Saya pikir akan banyak mendatangkan orang," lanjut Hanafi.

Pameran Seni '57 x 76' Ajak Pengunjung 'Adu Muka' Bukan Adu 'Punggung'Pameran Seni '57 x 76' Ajak Pengunjung 'Adu Muka' Bukan Adu 'Punggung' Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Kurator pameran Agung Hujatnikajennong pun menambahkan di salah satu instalasi tak berjudul, Hanafi menyiasati karya dengan dibuatkan seperti berbentuk kotak. Karya tersebut bisa dilihat dari dekat dan pengunjung bisa berjalan mengelilinginya.

"Ini ibaratnya seperti mangkuk dan kita harus berjalan mengelilingi supaya tahu karyanya seperti apa," tukas Hanafi.

Saksikan video berikut untuk melihat lukisan Stephen Hawking karya Hanafi-Goenawan:

[Gambas:Video 20detik]






(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed