DetikHot

art

Banyak Tangan Jahil di Pameran Seni, Bagaimana Galeri Nasional Indonesia?

Rabu, 23 Mei 2018 16:14 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Banyak Tangan Jahil di Pameran Seni, Bagaimana Galeri Nasional Indonesia? Banyak Tangan Jahil di Pameran Seni, Bagaimana Galeri Nasional Indonesia? Foto: Tia Agnes/ GNI
Jakarta - Setiap tahunnya Galeri Nasional Indonesia (GNI) selalu menyelenggarakan puluhan pameran temporer. Banyaknya pameran seni yang berlangsung di gedung-gedung GNI, pastinya tak luput dari tangan jahil pengunjung maupun tingkah pengunjung yang membuat geleng-geleng kepala.

Untuk mengurangi kejahilan pengunjung, pihak GNI pun membuat program 'Menjadi Apresiator Seni yang Terhebat'. Bukan tanpa sebab, program tersebut ingin meningkatkan apresiasi pecinta seni, agar tak sekadar sibuk selfie dan melupakan enaknya menikmati karya seni.

"Sampai hari ini, kami rasa pengunjung pameran seni di Galeri Nasional Indonesia sudah lebih baik, dibandingkan tahun 2013 dan 2014 saat tren selfie lagi menjamurnya," ujar Kepala Seksi Pameran dan Kemitraan Galeri Nasional Indonesia Zamrud Setya Negara ketika dihubungi detikHOT.



Program itu pun digelar setahun setelah GNI mengalami lonjakan tajam akibat tren selfie. Pihak GNI pun, lanjut Zamrud, tak luput dari tangan-tangan jahil.

"Ya, kami juga mengalami kendala dan merasakan hal yang sama seperti museum dan galeri seni lainnya. Masalahnya terus berlangsung di ruang pamer, dilihat dari semenariknya karya itu," jelas Zamrud.

Cara yang paling efektif dan strategis yang digunakan tim GNI adalah dengan menjadikan pengunjung sebagai apresiator dan agen edukasi dari museum. Ia mencontohkan ketika di pameran 'Manifesto 6.0', ada seorang pengunjung yang memegang karya.



Lalu pihak penjaga memberikan kertas untuk menggambarkan pelanggaran tersebut. "Alhamdulillah, pengunjung juga tahu, oh ini nggak boleh dipegang karyanya," tukas dia.

Aturan seperti itu diakui pihak GNI harus dilakukan secara perlahan. Beberapa waktu lalu, GNI pun sudah melarang pengunjung untuk membawa tongsis. Meski begitu, antusias pengunjung menyambangi pameran masih tinggi.

Sepanjang 2017, GNI sukses menggaet 254.403 pengunjung. Sebagian besar karya yang disukai untuk selfie dan wefie yakni karya seni instalasi berskala besar dan seni patung.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed