DetikHot

art

Pameran Fotografi 'Free Fall' Vanessa van Houten Dibuka 23 Februari

Senin, 19 Feb 2018 10:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Fotografi Free Fall Vanessa van Houten Dibuka 23 Februari Pameran Fotografi 'Free Fall' Vanessa van Houten Dibuka 23 Februari Foto: Vanessa van houten/ Istimewa
Jakarta - Mengawali awal 2018, Art:1 mempersembahkan pameran fotografi berjudul 'Free Fall' dan peluncuran buku 'HERE*NOW' karya Vanessa van Houten. Dikuratori oleh Oscar Motuloh dan Jay Subyakto, pameran dibuka pada 23 Februari 2018 di Artspace G2, Art:1, Jakarta Pusat.

Fotografer asal San Rafael, California pada 1971 silam itu menggarap buku barunya selama satu tahun. Ada 50 orang Indonesia yang berhasil dipotret Vanessa. Mulai dari perempuan, pria, transgender, atlet, perancang busana, musisi, seniman, barista, dan profesi lainnya dalam rentang usia 20-80 tahun.

Setiap orang dijepret Vanessa sebanyak dua kali sesuai dengan baju favoritnya. Satu lagi difoto dengan balutan kain putih yang berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang yang dikembangkan Chitra Subyakto.



Di dalam buku fotografi 'HERRE*NOW', terpilih 39 orang yang diseleksi ke dalam buku. Di antaranya adalah Ananda Sukarlan, Kaka Slank, Ridho Slank, Ivanka Slank, Jay Subyakto, Tri Handoko, Reti Ragil, Poppy Sovia, Rama Dauhan, sampai Ayla Dimitri.

Kurator pameran Oscar Motuloh mengatakan Vanessa memilih subyek yang akan difoto bukan tanpa alasan. Raut, mata, tangan, dan keberadaan setiap subyek yang terpotret ada makna di baliknya.

"Esei potraiture Vanessa van Houte yang nanti akan dilihat saat pameran hadir sebagai opini yang mewakili suara peradaban baru," tutur Oscar dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Senin (19/2/2018).

Nama Vanessa di dunia fotografi internasional tak bisa dipandang sebelah mata. Lulusan studi fotografi di Polytechnic, University in Dortmund, Jerman, juga melanjutkan kuliah di jurusan The Anthology Film Archives. Dia pernah menerbitkan buku berjudul 'RAW'. Karya seni fotografinya dipamerkan seperti 'Paperfold' (2012), 'Taboo' (2012), 'Remembering Whats Lost' (2009), 'New York Images' (1996), 'Alps' (1995), dan 'Growing Silently' (1994).

Saat ini dia tinggal dan berkarya di Jakarta. Pameran fotografi Vanessa van Houten berlangsung mulai 24 Februari hingga 18 Maret 2018.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed