DetikHot

art

Miliarder Jepang Pinjamkan Lukisan Tengkorak Basquiat ke Museum Brooklyn

Senin, 15 Jan 2018 11:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Miliarder Jepang Pinjamkan Lukisan Tengkorak Basquiat ke Museum Brooklyn Miliarder Jepang Pinjamkan Lukisan Tengkorak Basquiat ke Museum Brooklyn Foto: Getty Images
Jakarta - Jean-Michel Basquiat dikenal sebagai seniman New York yang karyanya mendunia. Setelah meninggal dunia pada 1988 di usia 28 tahun, lukisannya banyak dikoleksi kolektor-kolektor. Termasuk lukisan 'Untitled' (1982) yang dibeli oleh miliarder Jepang Yusaku Maezawa .

Maezawa membeli lukisan tersebut di Balai Lelang Sotheby tahun lalu dengan harga Rp 1,4 triliun. Kepada New York Times, dia mengatakan niatnya untuk memperlihatkan lukisannya kepada publik.

"Saya ingin Jean-Michel Basquiat tak hanya dikenal namanya saja tapi juga agar lukisannya lebih mudah diakses oleh publik umum. Bukan saja oleh kolektor," ujar Maezawa.



Lukisan 'Untitled' yang menggambarkan tengkorak dan bergaya grafiti itu akan dipajang di Museum Brooklyn sampai 11 Maret. Saat Maezawa membelinya, lukisan tersebut menjadi karya keenam yang paling mahal dan pernah dijual di balai lelang saat itu.

"Karena niat saya agar masyarakat umum dapat mengaksesnya lebih mudah, saya ingin berbagi lukisan ini dengan generasi muda yang akan membawa kita maju ke masa depan," kata dia lagi.

Lewat pameran 'One Basquiat', publik bisa mengakses dengan mudah. Setelah tur keliling dunia, lukisannya akan dipamerkan di lukisan pribadi Maezawa di Chiba, Jepang.



[Gambas:Instagram]


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed