DetikHot

art

Lukisan 'Duke of Buckingham' Ditemukan Pasca 400 Tahun Hilang

Selasa, 26 Sep 2017 12:42 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Duke of Buckingham Ditemukan Pasca 400 Tahun Hilang Lukisan 'Duke of Buckingham' Ditemukan Pasca 400 Tahun Hilang Foto: BBC
Jakarta - Lukisan potret dari Duke of Buckingham pertama yang berasal abad ke-17 ditemukan kembali pasca 400 tahun menghilang. Karya dari seniman Flemish Peter Raul Rubens itu masuk dalam daftar 'harta karun' Inggris dalam program televisi BBC Four.

Potret Duke of Buckingham diketahui merupakan wajah dari George Villiers. Direktur Rubenshuis di Antwerp Dr Bendor Grosvenor pun sudah mengidentifikasinya.



"Lukisan itu benar karyanya Rubens. Ini adalah kesempatan langka untuk menemukan potret penting dalam sejarah Inggris karya salah satu seniman terhebat yang pernah hidup," ujarnya, dikutip dari BBC, Selasa (26/9/2017).

Potret tersebut diketahui dilukis sekitar tahun 1625 silam. Dia menjadi tokoh kontroversial di era Jacobean yang bangkit dari bangsawan kecil untuk menjadi seorang favorit dari James I yakni James VI di Skotlandia.

Duke of Buckingham dibunuh pada 1628, tiga tahun setelah kematian dari James. Lukisan tersebut menjalani pekerjaan konservasi oleh Simon Gillespie untuk mengembalikan ke lukisan aslinya.

Lukisan tersebut rencananya akan dipamerkan di Kelvingrove Art Gallery dan Museum di Glasgow pada Kamis (28/9) mendatang.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed