DetikHot

art

Sosok Candra Malik Diabadikan Pelukis Jeihan Sukmantoro

Rabu, 21 Jun 2017 14:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sosok Candra Malik Diabadikan Pelukis Jeihan Sukmantoro Sosok Candra Malik Diabadikan oleh Pelukis Jeihan Sukmantoro Foto: Pribadi/ Candra Malik
Jakarta - Sukses menggelar pameran tunggal bulan lalu, pelukis Jeihan Sukmantoro kini melukis sastrawan Candra Malik. Pria yang akrab disapa Gus Can itu dilukis sesuai dengan ciri khas tatapan mata kucing milik Jeihan Sukmantoro di studio pribadinya di Padasuka, Bandung, pada Selasa (20/6) lalu.

Sosok Candra Malik berhasil dilukiskan Jeihan dalam waktu 20 menit saja. Baginya, ini adalah kehormatan luar biasa sekaligus penutup dari perjalanan indah safari Ramadan keliling Jawa hingga Mataram, Lombok.

"Saya tidak menduga sekali ketika Mas Jeihan meminta saya datang lagi ke Bandung untuk dilukis. Sebelumnya, Mas Jeihan banyak berpesan kepada saya untuk istiqamah di jalan kesufian dan mendakwahkan Islam," jelas Candra Malik dalam keterangan yang diterima detikHOT, Rabu (21/6/2017).



Berbeda dari kebiasaan Jeihan sebelumnya. Dia tidak hanya menggunakan cat putih dan hitam saja ketika melukis Candra Malik. Namun, Jeihan juga menggoreskan warna biru, kuning, dan merah.

Jeihan juga menebar warna-warna primer ke atas sekeliling potret Candra Malik. Menurut Jeihan, dia bukan mau melukis fisik Candra Malik tapi juga melukis sisi ruhnya.

"Merah, biru, kuning, itulah cahaya-cahaya yang saya lihat memancar dari dirinya," seru Jeihan.

Rencananya, hasil lukisan Jeihan Sukmantoro juga akan digunakan sebagai sampul buku sastra terbaru Candra. "Saya suka Candra sudah sampai pada tataran realitas spiritual. Di atasnya, masih ada realitas absolut. Semoga ia terus bertumbuh," pungkas Jeihan.


(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed