detikHot

art

Teater Garasi Buka Pertunjukan 'Menara Ingatan' Malam Ini

Rabu, 24 Mei 2017 20:06 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Teater Garasi akan mementaskan lakon berjudul 'Menara Ingatan' di Teater Kecil, kompleks TIM, malam ini. Pertunjukan teater-musik yang berdasarkan karya komposisi Yennu Ariendra itu terinspirasi dari sejarah Gandrung Banyuwangi.

"Pertunjukan ini awalnya adalah konser musik yang digelar di Yogyakarta bulan April 2016 lalu. Saya sendiri punya sejarah trauma '65 dari kakek saya yang hilang di masa itu dan pertunjukan Teater Garasi kerap membicarakan tentang periode di masa itu," tutur sutradara Yennu Ariendra usai gladi resik di Teater Kecil, TIM, Rabu (24/5/2017).

Selama pencarian akan sejarah kakeknya yang menjadi korban '65, Yennu Ariendra juga menghubungkannya kepada sejarah tanah kelahirannya. Yennu yang merupakan suku asli Bayuwangi yang disebut dengan 'osing' menemukan benang merah antara peristiwa tersebut.
Teater GarasiTeater Garasi Foto: Tia Agnes/detikHOT


"Ketika mengolah isu ini saya bertemu sejarah Gandrung, lalu kerajaan Blambangan, Minak Jingga, Kencana Ungu, juga panjak yang bising. Saya juga bertemu dengan Osing, lalu VOC dan Mataram yang semuanya saling berkaitan dan bertabrakan," kata Yennu Ariendra.

Pertunjukan 'Menara Ingatan' tak hanya fokus pada persoalan sejarah Gandrung Banyuwangi, trauma '65 saja, maupun musik sebagai elemen eksperimental. Tapi juga banyak unsur kejutan lainnya.

"Kejutannya ada di antara adegan pementasan. Seperti apa malam ini bakal dipentaskan," pungkasnya.

Pertunjukan 'Menara Ingatan' digelar di Teater Kecil, TIM pukul 20.00 WIB pada 24-25 Juni 2017.
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com