DetikHot

art

Kontroversi, Sosok 'The Creation of Adam' Michelangelo Menjadi Berkulit Hitam

Jumat, 19 Mei 2017 10:02 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Kontroversi, Sosok The Creation of Adam Michelangelo Menjadi Berkulit Hitam Foto: The Creation of Adam karya Harmonia Rosales (instagram)
Jakarta -

Seorang seniman muda asal Chicago, Amerika Serikat belum lama ini dikabarkan melukis ulang hasil karya terkenal milik Michelangelo. Namun hasil karya yang dikenal 'The Creation of Adam' agaknya memancing kontroversi.

Ilustrasi lukisan yang Michelangelo ambil dari kitab Injil itu diubah oleh seniman Chicago bernama Harmonia Rosales itu di bagian karakter yang terdapat dalam lukisan. Sebelumnya karakter dalam The Creation of Adam yang direpresentasi seperti Tuhan, Adam, dan para malaikat digambarkan berkulit putih.

Namun Rosales kemudian mengubah karakter tersebut menjadi berkulit hitam.

"Selama ini kita diajarkan tentang bagaimana Tuhan menciptakan manusia dalam perspektif-Nya. Sebenarnya kita juga telah 'menciptakan' Tuhan dalam citra dan bayangan kita sendiri," ujarnya seperti dikutip Huffington Post, Jumat (19/5/2017).

Baca juga: Fotografer Asal Amerika Abadikan Ratusan Wajah Pustakawan dalam Sebuah Buku

Selebihnya, seniman 33 tahun ini memberikan pandangan lebih lanjut yang diyakininya tentang lukisan yang dibuat Michelangelo di tahun 1512. Menurutnya, lukisannya tersebut tak menjadi representasi dari umat manusia secara menyeluruh bila berbicara tentang penciptaan Adam dari Alkitab.

Kontroversi, Sosok 'The Creation of Adam' Michelangelo Menjadi Berkulit HitamFoto: The Creation of Adam (wiki)



Untuk itu, tak hanya pujian namun Rosales juga menerima kritik tajam atas karya gubahannya dari Michelangelo.

"Beberapa orang melihat ini sebagai sesuatu yang melanggar apa yang ada Alkitab dan menunjukkan betapa karya ini adalah sesuatu yang salah," tuturnya.

Meski begitu, Rosales tak berhenti. Ia tengah merencanakan membuat karya terbaru yang akan disatukannya dengan karya ulang dari The Creation of Adam dalam sebuah pameran.


(doc/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed