Putri Tanjung Bagikan Tips Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHot
Rabu, 28 Okt 2020 20:54 WIB
Putri Tanjung
Foto: Screenshot/detikcom
Jakarta -

Creativepreneur Putri Tanjung membagikan sedikit tips untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri bagi para generasi muda Indonesia. Padahal di masa kecilnya, ia merupakan pribadi yang kurang percaya diri. Namun seiring dengan bertumbuhnya usia, ia bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya.

"Untuk menumbuhkan percaya diri sebenarnya banyak sih, itu butuh proses yang cukup panjang untuk aku pribadi. Karena sebenarnya dari kecil itu aku anak yang kurang percaya diri, jadi aku inget banget waktu aku SD sampai SMA aku nggak percaya diri karena pernah di-bully kan di sekolah," ungkap Putri, dalam Konferensi Generasi #GaPakeNanti yang diselenggarakan BNI bekerja sama dengan detikcom, Rabu (28/10/2020).

Putri awalnya mengalami kesulitan untuk bisa percaya dengan diri sendiri. Namun pada akhirnya bisa menghadapi rasa minder tersebut. Ia pun membagikan tiga tips untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

"Yang pertama, adalah kita harus tahu goal kita apa sih. Itu sangat penting, jadi kalau kita tahu goal kita apa. Saat kita mau mencapai sebuah goal, akhirnya kita melalui berbagai proses yang mana kita juga menemui kepercayaan diri along the way," ungkap Putri.

Menurutnya sangat penting untuk mempunyai goal yang jelas. Pada awal kariernya ia sudah mempunyai apa yang menjadi tujuannya di masa depan.

"Aku inget banget waktu awal karier aku di dunia event aku punya goal nih. Goalnya adalah aku pengen bikin acara yang edukatif tapi entertaining at the same time. Dan pengen banget menginspirasi anak muda untuk menjadi entrepreneur untuk menjadi seorang pengusaha," ungkapnya.

"Dari situ cara mencapai goalnya memang berbeda-beda, tapi karena punya goal tersebut jadinya aku bisa lebih percaya diri. Karena aku punya goal yang selalu aku pegang," imbuhnya.

Putri menjelaskan tips kedua untuk lebih percaya diri adalah keluar dari zona nyaman. Menurutnya, apa yang terjadi di masa pandemi ini membuat dunia berubah dengan sangat cepat sehingga diperlukan kemampuan untuk beradaptasi.

"Karena perusahaan aku fokusnya di consultant dan agency untuk perusahaan, main fokusnya kan untuk offline event. Tiba-tiba karena ada pandemi kita harus cepet-cepet shift dan adaptasi untuk semuanya, yang pada akhirnya digitalize dan menjadi online. Dari situ tumbuhlah kepercayaan diri untuk melihat peluang dalam situasi apapun," ungkap Putri.

Tips ketiga adalah mental yang kuat. Hal ini penting karena di luar sana akan ada banyak orang yang tidak sepaham dan akan memberikan kritik maupun tekanan.

"Kalau aku selalu melihat ekspektasi, kritik, dan komentar orang itu sebagai motivasi. Di mana malah membuat aku lebih percaya diri karena lebih semangat untuk membuat sebuah karya, dan Insyaallah bisa menunjukkan diri untuk terus berbuat kebaikan," pungkas Putri.

Sebagai informasi, Konferensi Generasi #GaPakeNanti diselenggarakan oleh BNI dan detikcom untuk memperingati hari sumpah pemuda. Para pemuda diajak untuk mencapai hal-hal yang lebih baik bersama #BNIGaPakeNanti.



Simak Video "Berkat Kepercayaan Diri, Putri Tanjung Dapat Menjadi Creativepreneur Di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)