Beda Rhaenyra dan Alicent 'House of the Dragon' di Buku dan Serial

ADVERTISEMENT

Beda Rhaenyra dan Alicent 'House of the Dragon' di Buku dan Serial

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 24 Sep 2022 09:37 WIB
House of the Dragon
Foto: (dok. HBO GO)
Jakarta -

Serial HBO House of the Dragon sudah memasuki episode 5. Ini menandakan akhir dari sebuah plot cerita dan kita akan siap memasuki era baru di episode selanjutnya. Pergerakan cerita dari awal hingga episode 5 pun telah memakan waktu beberapa tahun. Yang pasti sejak awal penonton sudah disajikan hubungan yang hangat meski rumit antara Rhaenyra Targaryen dan Alicent Hightower.

Persahabatan Rhaenyra dan Alicent menjadi salah satu pijakan penting buat konflik House of the Dragon di masa depan. Di buku aslinya, Fire & Blood, persahabatan keduanya ternyata tidak tampak seperti di layar.

Fire & Blood berisi cerita-cerita dari narator fiksi yang berbeda-beda. Mereka mengisahkan versi mereka dari kejadian-kejadian di Westeros saat era Raja Viserys dan semua yang kita saksikan di layar. Buku Fire & Blood ditulis George R.R. Martin lebih seperti buku sejarah alih-alih novel.

Namun di tangan Miguel Sapochnik dan Ryan Condall, cerita itu dielaborasi menjadi House of the Dragon. Apa yang tidak tampak di buku seperti persahabatan Rhaenyra dan Alicent justru menjadi daya tarik dan cerita utama dalam serialnya.

Showrunner House of the Dragon lebih punya kebebasan dalam mengadaptasi kisah Fire & Blood untuk serial televisi. Salah satunya adalah persahabatan Rhaenyra dan Alicent yang harus berantakan karena keputusan Alicent menikahi Viserys.

Selain itu, ada perbedaan lain yang tampak dari Rhaenyra dan Alicent. Dalam buku, Alicent dikisahkan lebih tua dari Rhaenyra. Sementara di series, keduanya adalah teman sebaya.

Di buku Alicent diceritakan berusia 18 tahun ketika menikahi Viserys. Sementara Rhaenyra saat itu berusia 9 tahun ketika ayahnya menikah lagi dengan Alicent.

Persahabatan Rhaenyra dan Alicent di awal menjanjikan sebuah cerita yang hangat. Namun kedua karakter ini selalu diceritakan punya jalan hidup dan aspirasi yang berbeda. Rhaenyra lebih punya kebebasan dalam menentukan pilihan hidupnya, namun tidak ingin mengabaikan tanggung jawabnya sebagai Ratu dan keturunan Targaryen. Sedangkan Alicent tidak demikian.

Di salah satu episode, kebebasan Rhaenyra dan terkekangnya Alicent ditampilkan lewat bagaimana keduanya menyikapi hubungan badan. Rhaenyra bebas memilih siapapun yang dia ingin ajak tidur sementara Alicent harus melayani suaminya saja yakni Raja Viserys.

Namun ada hal yang lebih besar dari itu yang dijanjikan oleh House of the Dragond di episode-episode mendatang. Rhaenyra dan Alicent sudah bertambah dewasa dan konflik pun akan semakin tajam menuju ke perang sipil di keluarga Targaryen.

Kita sudah tahu bagaimana klan ini berakhir di Game of Thrones. Tapi kita masih bisa dikejutkan dengan apa yang akan dihadirkan oleh showrunner dan sutradara di House of the Dragon dalam 5 episode terakhir selama 5 pekan ke depan.

(aay/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT