ADVERTISEMENT

House of the Dragon Episode 5: Pernikahan Politik dan Rencana Alicent untuk Rhaenyra

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 19 Sep 2022 19:44 WIB
House of the Dragon
Cuplikan adegan di House of the Dragon. Dok. HBO
Jakarta -

Spoiler alert! Artikel ini mengandung spoiler, disarankan tak melanjutkan membaca jika belum menyaksikan serialnya!

Pada akhir House of the Dragon episode 4 kita melihat pernikahan antara Rhaenyra Targaryen (Milly Alcock) dan Leanor Velaryon (Theo Nate) yang ternyata berujung bencana. Pada episode ke-5 yang bertajuk We Light the Way itu digambarkan bagaimana pernikahan politik di antara keduanya yang menjadi masalah rumit.

Laenor yang telah jatuh hati dengan Joffrey Lonmouth (Solly McLeod) dan Rhaenyra yang tengah kasmaran dengan kesatria Kingsguard Ser Criston Cole (Fabien Frankel) memutuskan untuk melanjutkan pernikahan dengan alasan demi kepentingan politik itu pun masih menyimpan cinta terlarang mereka.

Namun Rhaenyra dibuat gundah gulana dengan tawaran Criston untuk kabur bersama dengannya dan melupakan tahta kerajaan. Sayangnya ternyata ia malah memilih tugasnya sebagai pewaris kerajaan dengan mendeklarasikan hal itu dan membuat Creston patah hati. Kejadian itu pun diperparah dengan tindakan Criston yang hampir saja membunuh Joffrey.

Tahap ini pun akan menandai akhirnya tahap remaja dari Rhaenyra di mana ia akan bertransformasi menjadi sosok calon ratu yang akan diperankan oleh Emma D'Arcy.

Selain itu ada pula kejadian mengejutkan di episode ini di mana Lady Rhea Royce (Rachel Redford) dibunuh saat Daemon tengah melakukan perjalanan untuk mengakhiri pernikahannya itu. Sedangkan Lady Raheys (Eve Best) kini tengah khawatir jika Rhaenyra akan melakukan klaim atas tahta kerajaan usai menikah dan membuat kedua keluarga tersebut berperang.

Sang mertua, Lord Corlys (Steve Toussaint) membuat suasana makin pelik pada pasangan tersebut karena ingin cucunya menyandang nama keluarga mereka yang mana sang raja juga sebelumnya telah memberikan titah untuk mengubah nama keluarga mereka menjadi Targaryen jika kelak naik tahta.

Kembali ke King's Landing, Ratu Alicent (Emilia Carey) cukup banyak disorot pada episode ini. Ia hanya menghabiskan waktunya bersama sang bayi dan menanti suaminya dan sahabat sekaligus putri sambungnya itu kembali dari perjalanan mereka.

House of the DragonHouse of the Dragon Foto: Dok. HBO

Alicent pun teringat jelas dengan pesan yang ditinggalkan oleh ayahnya: Raja akan mati dan itu tak lama lagi, Rhaenyra tak akan bisa mempertahankan Iron Throne kecuali ia menghabisi anak Alicent.

Hal ini pun terus terngiang di kepalanya dan membuat ia harus menyusun rencana baru. Ia pun akhirnya menemukan celah lewat Criston dan berharap jika sang kesatria itu mau berbagi kisah tentang kekasih gelapnya dan Daemon Targaryen (Matt Smith). Sayangnya Criston malah mengakui kejahatan dan merasa harus dihukum atas hubungan terlarangnya itu, Alicent pun mencoba membelanya.

Fakta hubungan terlarang itu pun membuat Alicent makin yakin dengan pesan terakhir sang ayah dan berusaha mencari cara agar buah hatinya itu selamat dan menjadi raja kelak meskipun harus membunuh sahabat baiknya sendiri.

Penampilan Emilia Carey pada episode ini pun cukup menjadi perhatian, perubahan dari rasa sakit hati usai kematian sang ayah hingga kemarahan saat pernikahan dirasa tanpa effort dan begitu mulus. Duetnya bersama Alcock pun menjadi salah satu suguhan yang menarik meskipun keduanya akan sama-sama digantikan oleh aktris lainnya yakni Olivia Cooke (Alicent dewasa).

House of the Dragon bisa disaksikan di HBO GO.



Simak Video "Menerka Konflik Klan Targaryen di 'House of the Dragon'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT