ADVERTISEMENT

Ibu-ibu, Peppa Pig Jadi Kontroversi karena Perkenalkan Pasangan Lesbian

tim detikhot - detikHot
Kamis, 08 Sep 2022 13:04 WIB
Peppa Pig
Peppa Pig Foto: dok Channel 5
Jakarta -

Peppa Pig, acara anak-anak dari Inggris yang populer di Indonesia, jadi kontroversi. Mereka dianggap memperkenalkan pasangan sesama jenis.

Animasi Peppa Pig memperlihatkan pasangan dua beruang kutub lesbian. Dalam sebuah episode yang ditayangkan pada Selasa di Channel 5 Inggris, Penny si Beruang Kutub memberi tahu Peppa Pig, dia memiliki 'dua ibu' dan menggambar mereka tengah bergandengan tangan.

"Saya tinggal dengan ibu saya dan ibu saya yang lain," kata Penny dalam episode yang berjudul 'Family' itu. Dia menambahkan, salah satu ibunya adalah seorang dokter.

Peppa Pig menggambarkan kisah anak babi berusia 4 tahun dan keluarganya. Menurut perusahaan produksinya, Entertainment One, animasi itu telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa dan disiarkan lebih dari 180 negara dan wilayah. Acara itu sudah ditayangkan selama hampir dua dekade dan memenangkan tiga kali perhargaan BAFTA.

Pada 2019, muncul petisi untuk pertama kalinya terkait tayangan Peppa Pig. Petisi itu mengumpulkan hampir 25.000 tanda tangan selama beberapa tahun terakhir.

"Anak-anak yang menonton Peppa Pig berada di usia yang mudah menangkap informasi, dengan tidak menyertakan keluarga sesama jenis hanya akan mengajarkan mereka bahwa yang normal hanya keluarga dengan satu orang tua atau dua orang tua yang berbeda jenis kelamin," bunyi petisi itu.

"Peppa Pig bukan hanya untuk hiburan, anak-anak mau tidak mau belajar darinya juga."

Sebelumnya juga muncul berbagai kritik dari netizen kepada Peppa Pig karena dianggap memperkuat stereotip gender dengan menunjukkan struktur keluarga inti dengan ayah yang bekerja dan ibu yang tinggal di rumah.

Isu konten Peppa Pig itu muncul di tengah pengawasan dalam beberapa bulan terakhir atas representasi LGBTQ. Beberapa waktu lalu, sejumlah negara mayoritas muslim melarang spin-off Toy Story Pixar Lightyear untuk tayang di bioskop karena adegan ciuman karakter lesbian.



Simak Video "Wajahnya Mejeng di Kartun Instagram Jokowi, Intan Sriastuti Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT