Terungkap! Pemeran Batwoman Mundur karena Alasan Ini

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 15 Jul 2021 06:30 WIB
ruby rose
Ruby Rose sebagai Batwoman. (Foto: Instagram @rubyrose)
Jakarta -

Arrowverse semakin meluas lewat kemunculan Batwoman. Superhero perempuan ini pun akhirnya dibuatkan serial sendiri dan sudah berjalan dua season. Di season pertama, karakter utama Batwoman diperankan oleh Ruby Rose.

Namun setelah setahun berjalan, Ruby Rose memilih keluar dari perannya itu karena beberapa alasan. Salah satunya adalah kondisi tubuhnya yang tidak bisa lama-lama menggunakan kostum berbahan lateks.

Aktris asal Australia tersebut diharuskan buat mengenakan kostum superhero sebagai Batwoman dalam setiap episode serial televisi CW tersebut. Alergi tubuhnya terhadap lateks dibeberkan lewat sebuah wawancara belum lama ini. Ruby Rose mengaku selama proses syuting dia banyak mengonsumsi obat alergi.

"Aku akhirnya tahu aku alergi lateks. Sayangnya topeng yang kugunakan di serial ini terbuat dari lateks. Alergiku jadi semakin buruk karena semakin sering kulitku kontak dengan lateks, itu yang membuatku mendapat reaksi alerginya terus-terusan," katanya.

Tidak mudah untuk bisa bertahan dalam kondisi alergi. Apalagi dia memerankan karakter utama dalam serial CW tersebut. Namun akhirnya Ruby Rose memilih untuk mundur pertengahan 2020.

Dia merasa penampilan dan perasaannya jadi kacau setelah reaksi alergi tersebut. Itulah yang membuatnya memutuskan untuk bilang ke studio buat berhenti memerankan Batwoman.

"Aku melepas topeng itu pada akhirnya dan wajahku gatal-gatal, tenggorokanku kacau. Rasanya seperti baru keluar dari film horor," tegas Ruby Rose.

Pada Mei 2020, Ruby Rose mengumumkan pengunduran dirinya dari Batwoman tapi tidak menjelaskan alasannya. Namun dalam sebuah wawancara di awal penayangan Batwoman, dia sempat mengisyaratkan ketidaknyamanannya menggunakan kostum superhero berbahan lateks tersebut.

Sebelum masalah alergi ini, Ruby Rose juga jadi topik hangat di kalangan penggemar DC Comics. Terpilihnya dia sebagai Batwoman menuai kontroversi lantaran dalam komik (keluaran 2006), sosok Kate Kane yang diperankannya diceritakan sebagai perempuan Yahudi penyuka sesama jenis.

ruby roseRuby Rose Foto: Instagram @rubyrose

Banyak orang yang menuding Ruby Rose kurang mewakilkan sosok asli Kate Kane terlebih Ruby Rose bukanlah seorang Yahudi. Selain itu, soal orientasi seksual Ruby Rose juga jadi sorotan karena dia memilih mengidentifikasi dirinya sebagai gender fluid/non biner yang dinilai "tidak cukup lesbi" oleh segelintir penggemar.

Karena kontroversi ini, Ruby Rose diserang dan dikritik di media sosial hingga dia menutup akunnya. Usai permasalahan ini, studio akhirnya menjanjikan akan meng-casting aktris yang lebih mewakilkan karakteristik Kate Kane hingga akhirnya sosok Javicia Leslie (seorang aktris yang sudah mengaku lesbian) direkrut sebagai Batwoman di musim kedua.

Hanya saja Javicia Leslie tidak menggantikan sosok Kate Kane dalam Batwoman, tapi dia dibuatkan karakter original bernama Ryan Wilder yang kemudian menggantikan Kate Kane sebagai Batwoman. Serial televisi Batwoman telah dikonfirmasi lanjut ke season 3 dan akan tayang akhir tahun ini.

(aay/wes)