ADVERTISEMENT

Pemerintah China Larang Drama dan Film Pakai Filter Beauty

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 19 Jul 2022 07:05 WIB
Drama China Thank You, Doctor
Cuplikan drama mandarin bertajuk Thank you Doctor! Dok. Ist
Jakarta -

Pada era media sosial, banyak orang yang menggunakan filter dalam memperbagus penampilan di dunia maya. Tak hanya itu beberapa produksi film dan serial pun juga memakainya agar sang aktris dan aktor terlihat cantik menawan, seperti yang dilakukan beberapa rumah produksi drama Mandarin.

Drama Mandarin bahkan dikenal sering menggunakan filter untuk memperbagus penampilan para aktornya. Namun, mereka juga sering mendapat kritikan dari publik karena dianggap menggunakan filter yang berlebihan hingga membuat penonton tak nyaman melihatnya.

Karena banyaknya kritikan mengenai hal tersebut, akhirnya beberapa waktu lalu pemerintah China pun mengeluarkan peraturan baru. Pemerintah China melarang pihak produksi film atau drama menggunakan filter yang berlebih.

Hal itu dikarenakan dapat membuat penampilan sang aktor kehilangan wajah natural dan penampilan maskulinnya.

Menurut media China, sejumlah drama sempat ditegur karena membuat penampilan para aktornya terlihat tidak realistis. Hal itu disebabkan penggunaan filter yang berlebihan oleh tim produksi. Contohnya, dalam drama Sword Snow Stride, banyak orang yang mengkritik drama tersebut karena telah menggunakan filter berwarna hijau yang berlebih.

Hal ini membuat penampilan wajah aktor Zhang Ruo Yun terlihat tidak jelas. Selain itu, rambut aktor tersebut pun terlihat sedikit hijau.

Drama Tiongkok Fall In Love tahun 2021 juga mendapat kecaman dari publik karena telah menggunakan filter kecantikan yang berlebihan. Menurut publik, para aktor terlihat terlalu sempurna bahkan pori-pori kulit para pemeran tidak kelihatan sama sekali.

Dalam Drama Once We Get Married, kantung mata milik aktris Zhong Li Li menjadi tidak terlihat sama sekali. Bahkan, aktris tersebut memberikan kritikannya secara langsung di Weibo.

"Jadi begini ya penampilanku tanpa kantung mata... Ya ampun," sindirnya.

Ia juga mengunggah dua foto yang memuat diri aslinya dan dalam drama tersebut.

Sejak peraturan mengenai larangan penggunaan filter kecantikan dirilis pemerintah, beberapa orang mendukung keputusan tersebut. Namun, sebagian orang lainnya merasa hal tersebut tidak perlu dilarang.

"Biarkan mereka memutuskan untuk menghasilkan produksi mereka sendiri. Regulasi tidak diperlukan karena itu adalah aturan pemasaran. Jika hasilnya buruk, mereka yang akan menderita kerugiannya sendiri," tulis salah satu netizen yang menolak.



Simak Video "Larangan Pria Feminin Tampil di Televisi China"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT