ADVERTISEMENT

Stranger Things Disaksikan 1,15 Miliar Jam, Jadi Serial Kedua Netflix Terlaris

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 06 Jul 2022 19:44 WIB
Stranger Things 4 Volume 2
Poster serial Stranger Things 4. Dok. Netflix
Jakarta -

Pencapaian baru kembali ditorehkan oleh Stranger Things 4. Pada musim terbaru dari serial populer itu baru saja menjadi acara Netflix kedua yang melampaui satu miliar jam penayangan.

Sejak episode pertama musim ini tayang pada tanggal 27 Mei, pemirsa telah menghabiskan waktu kumulatif 1,15 miliar jam tayang pada sembilan episode sudah dirilis, termasuk 301 juta jam dari penayangan akhir pekan lalu saja.

Raihan itu menjadikan Stranger Things 4 menjadi serial yang paling banyak ditonton kedua di Netflix, setelah Squid Game yang dirilis pada 2021.

Stranger Things 4 juga berada di Top 10 Netflix di 93 negara yang berbeda akhir pekan ini berdasarkan data yang dirilis oleh layanan streaming tersebut. Aksi Millie Bobby Brown ini sangat populer sehingga meningkatkan jumlah penonton di musim-musim sebelumnya.

Bahkan keempat musim Stranger Things berada di enam acara Netflix yang paling banyak ditonton selama akhir pekan dan hanya bersaing dengan The Umbrella Academy yang belum lama ini dirilis.

Dilansir dari The Verge, sistem pengukuran penayangan Netflix terkenal aneh dan membingungkan. Layanan ini melacak berapa banyak acara yang dilihat dalam 28 hari pertama setelah dirilis, tetapi angka-angka itu sangat bervariasi berdasarkan pada bagaimana episode dirilis, berapa lama, dan banyak faktor lainnya.

Beberapa juga menuliskan Stranger Things membutuhkan usaha yang lebih keras untuk bisa menyaingi Squid Game. Di mana serial itu lebih matang dan siap dalam melakukan promosi selama berbulan-bulan dan juga biaya produksi yang jauh lebih besar. Namun mereka masih saja tak bisa mengalahkan Squid Game yang mencatatkan 1,65 miliar jam tayang.

Efek dari viralnya Stranger Things juga berdampak pada elemen-elemen di dalamnya, seperti lagu-lagu yang mengisi serial tersebut. Metallica jadi salah satu musisi yang terkena imbasnya usai lagu hits miliknya Master of Puppets menjadi soundtrack serial itu.

Lagu yang dirilis pada 1986 itu kini kembali viral dan menjadi lagu yang paling banyak diputar di Amerika Serikat dan Inggris saat ini. Sebagai informasi, lagu tersebut menjadi salah satu backsound dalam Stranger Things musim keempat volume 2 yang dirilis di Netflix pada Jumat, 1 Juli 2022.

Master of Puppets diputar saat Eddie Munson, diperankan Joseph Quinn, bermain gitar di dunia paralel Upside Down untuk mengalihkan perhatian kelelawar mematikan yang melindungi rumah Vecna.

Pada Senin, 4 Juli 2022, Master of Puppets, berada di nomor 12 di tangga lagu Top 50 Amerika Serikat Spotify dan nomor 26 di Global Top 50 platform tersebut.

Bassist Metallica, Robert Trujillo, mengungkapkan bahwa putranya, Tye Trujillo yang berusia 17 tahun ini menjadi additional guitar Master of Puppets yang dibuat khusus untuk Stranger Things musim 4 volume 2.

"Itu anakku! (Aku) bangga padamu, Tye!" tulis Robert Trujillo melalui keterangan tertulis Instagram-nya.



Simak Video "Mengunjungi Dunia Upside Down Stranger Things di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT