ADVERTISEMENT

Bintangi Series Edukasi Bendungan, Cici Tegal Petik Banyak Pelajaran

Yudistira Imandiar - detikHot
Jumat, 24 Jun 2022 21:38 WIB
Bintangi Series Edukasi Bendungan, Cici Tegal Petik Banyak Pelajaran
Foto: Yudistira Imandiar/detikcom
Jakarta -

Aktris Cici Tegal menjadi salah satu pemeran dalam mini series 'Banyu Mencari Makna' garapan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR. Cici mengaku mendapatkan banyak pelajaran selama proses syuting mini series tersebut.

Aktris kelahiran 5 Desember 1961 itu mengungkapkan dirinya senang bisa diajak berkolaborasi dalam mengedukasi masyarakat seputar bendungan. Menurutnya, ada banyak informasi penting mengenai manfaat bendungan dan hal-hal lainnya yang dapat diserap dari mini series 'Banyu Mencari Makna'.

Selama proses syuting, Cici mengaku mendapatkan banyak pelajaran. Misalnya, soal manfaat bendungan yang ternyata jauh lebih luas dari sekadar untuk menampung air.

"Aku terima kasih diajak di proyek yang sangat penting ini. Yang aku baru tahu ternyata di Indonesia itu banyak bendungan, dan ternyata bendungan itu tidak hanya untuk nampung air terus buat irigasi. Tapi ternyata bisa buat wisata, seperti di luar negeri," ungkap Cici usai pemutaran perdana 'Banyu Mencari Makna' di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Cici mengatakan edukasi mengenai manfaat bendungan, seperti lewat mini series 'Banyu Mencari Makna, yang dilakukan Ditjen SDA PUPR sangat penting. Sebab, masih banyak masyarakat seperti dirinya yang belum tahu persis mengenai fungsi bendungan yang dibangun dengan dana besar dan ada pengorbanan masyarakat yang rela direlokasi tempat tinggalnya.

"Aku sendiri amazing, yang pastinya fungsi (bendungan) banyak banget ya. Masyarakat biar tahu dan supaya didukung (pengoperasian bendungan). Kasihan bendungan kita itu dibuat dengan pengorbanan masyarakat, itu banyak orang yang nggak tahu. Kita anggap ya bendungan biasa aja untuk nampung air, sebenarnya nggak kayak gitu," tutur Cici.

Setelah membintangi mini series tersebut, Cici menyadari kehadiran bendungan menghadirkan multiplier effect bagi masyarakat sekitar. Ia mencontohkan, wisata di area bendungan membuka kesempatan masyarakat untuk menjalankan usaha dan potensi daerah pun dapat dilihat oleh masyarakat luas.

"Terus ada sejarahnya juga. Pembangunan bendungan ini kan nggak mudah. Bendungan itu sudah seperti prasasti," ungkap Cici.

Sementara itu, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Adenan Rasyid mengatakan mini series 'Banyu Mencari Makna' memberikan informasi yang gamblang mengenai fungsi vital bendungan untuk menggerakkan berbagai sektor kehidupan masyarakat. Selain itu, di mini series tersebut memuat pesan yang mengajak masyarakat agar merawat bendungan demi keberlangsungan hidup generasi mendatang.

"Pesannya bahwa bendungan ini harus kita kelola, harus kita lestarikan, karena ini kan bukan untuk kita saja, tapi untuk anak cucu kita. Dan ini (merawat bendungan) bukan hanya tugas pemerintah, tetapi masyarakat khususnya masyarakat yang ada di sekitar bendungan tersebut," ujar Adenan.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT