7 Serial Dokumenter Kriminal Terbaik di Netflix

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Selasa, 17 Mei 2022 20:04 WIB
Serial dokumenter kriminal di Netflix.
Serial dokumenter kriminal terbaik di Netflix. Dok. Netflix
Jakarta -

Serial dokumenter memang tidak menarik minat orang-orang dan cenderung membosankan. Namun, ada salah satu jenis dokumenter yang membuat penonton terfokus sampai akhir, yaitu dokumenter kriminal. Hal tersebut sebagian besar dapat kamu saksikan pada platform Netflix.

Netflix menghadirkan beragam dokumenter kriminal yang penuh misteri dan konspirasi. Kamu bisa mengetahui peristiwa tersebut dari berbagai perspektif. Jika kamu tertarik menontonnya, yuk simak rekomendasi serial dokumenter kriminal di Netflix!

Making a Murderer (2015)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Steven Avery akhirnya bebas setelah 20 tahun mendekam di penjara atas kejahatan yang tidak pernah dia lakukan. Hal tersebut terjadi berkat hasil tes DNA yang membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah. Kemudian, pihak Avery menuntut balik kepolisian atas kesalahan tuduhan tersebut.

Namun secara tak terduga di tengah proses tuntutan tersebut, Avery malah terlibat kasus pembunuhan atas Teresa Halbach, seorang fotografer. Pembunuhan yang terjadi pada 2005 tersebut melibatkan Brendan Dassey, keponakan dari Avery.

Serial dokumenter ini digarap selama lebih dari 10 tahun oleh Laura Ricciardi dan Moira Demos. Kisahnya dirangkum dalam dua musim dengan total dua puluh episode.

The Keepers (2017)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Pada bulan November 1969, Suster Catherine Cesnik merupakan seorang guru drama dan Bahasa Inggris di Archbishop Keough High School in Baltimore, Maryland. Dia dikenal sebagai seseorang yang hangat dan penuh kasih. Namun, tak ada yang menyangka jika dia menghilang dan ditemukan tewas di dekat tempat pembuangan sampah pada 3 Januari 1970.

Banyak spekulasi mengenai kejadian tersebut, mulai dari isu penutupan gereja oleh pejabat lokal, adanya penyerangan seksual, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, kebenaran atas kasus tersebut belum terungkap.

The Keepers garapan Ryan White yang berjumlah tujuh episode ini merangkum testimoni-testimoni dari mantan siswa, pendeta, serta anggota keluarga.

The Disappearance of Madeleine McCann (2019)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Seperti judulnya, The Disappearance of Madeleine McCann merupakan serial dokumenter yang berjumlah delapan episode. Serial tersebut memberikan gambaran rinci tentang menghilangnya Madeleine McCann, gadis berusia tiga tahun.

Balita tersebut hilang dari tempat tidurnya di Resort Praia da Luz di Algarve, Portugal, pada 3 Mei 2007. Saat itu, keluarganya sedang berlibur dengan teman-teman dekatnya. Pada saat itu, orang tuanya berjarak sekitar 180 kaki dari Madeleine, namun mereka tidak melihat ataupun mendengar apapun. Hingga saat ini, kasus tersebut belum terpecahkan

Don't F**k with Cats (2019)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Don't F**k with cat merupakan top 5 dokumenter di Netflix pada tahun 2019 lalu. Serial ini mengisahkan tentang investigasi amatir dari para pengguna Facebook untuk menemukan pembunuhan anak kucing yang dilakukan oleh Luka Magnotta.

Kisah berawal dari video pembunuhan anak kucing, lalu pencarian Luka Magnotta lewat jejak di media sosial, hingga kasus lain dari Magnotta yang membunuh dan memutilasi mahasiswa asal China, Jun Lin, pada 2012.

American Murder: The Family Next Door (2020)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Kisah pembunuhan keluarga Watts di Colorado, Amerika Serikat, merupakan kasus yang paling ramai dibicarakan pada 2018 lalu. Sang kepala keluarga, Christopher Lee Watts, merupakan otak dari pelaku pembunuhan keji atas keluarganya sendiri.

Chris mengaku membunuh istrinya yang sedang hamil dengan mencekiknya hingga tewas dan membunuh kedua putrinya secara kejam beberapa saat kemudian. Alhasil, dia harus menerima hukuman penjara seumur hidup atas aksinya tersebut.

Menurut para kritikus, ini lebih dari sekedar dokumenter biasa. Namun, American Murder: The Family Next Door karya Jenny Popplewell ini merupakan sebuah film klasik tentang pernikahan, penipuan, dan kekerasan dalam rumah tangga.

Carmel: Who Killed Maria Marta (2020)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Tidak seperti kasus lain dalam daftar ini yang sebagian besar terjadi di Amerika Serikat, serial dokumenter ini berlatar di Argentina. Serial garapan Alejandro Hartmann ini berjumlah empat episode dengan masing-masing berdurasi satu jam.

Kematian dari Maria Marta Garcia Belsunce merupakan kasus paling kontroversial di negara tersebut. Dia ditemukan tewas di bak mandinya pada 27 Oktober 2002 lalu. Pada awalnya, kepolisian menganggap itu sebuah kecelakaan. Namun kemudian terungkap jika dia dibunuh dan misteri siapa pelakunya dieksplorasi dalam serial ini.

Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel (2021)

Serial dokumenter kriminal di Netflix.Serial dokumenter kriminal di Netflix. Foto: Dok. Netflix

Kasus menghilangnya Elisa Lam di Hotel Cecil memang kasus yang paling aneh dan sulit dijelaskan hingga saat ini. Joe Berlinger merangkum kasus tersebut dalam serial dokumenter yang berjudul Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel.

Sebelum menghilang, Elisa Lam bertingkah aneh saat memasuki lift. Hingga beberapa hari kemudian, dia ditemukan tewas dalam sebuah tangki air di hotel tersebut.

Itulah serial dokumenter kriminal yang tersedia pada platform Netflix. Serial-serial tersebut dapat memberi wawasan baru dan mengingatkan kita agar tetap waspada setiap saat. Mana yang menjadi favorit kamu?



Simak Video "Perasaan Campur Aduk Yoo Ah In Atas Popularitas 'Hellbound'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)