Toei Animation Konfirmasi Di-Hack Gegara Ransomware

ADVERTISEMENT

Toei Animation Konfirmasi Di-Hack Gegara Ransomware

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 10 Apr 2022 19:31 WIB
Manga One Piece
One Piece Foto: Istimewa
Jakarta -

Kasus peretasan yang dialami oleh Toei Animation, studio yang memproduksi animasi One Piece pernah mengegerkan jagat maya. Bagaimana tidak, gara-gara kasus tersebut One Piece mengalami penundaan penayangan selama beberapa minggu lamanya.

Kini terungkap fakta kalau serangan hacker itu akibat ransomware. Surat kabar NHK melaporkan, peretasan Toei Animation bulan lalu adalah serangan ransomware.

"Dampak dari produksi masih berlanjut. Kami bekerja keras untuk mengembalikan keadaan menjadi normal," tulis keterangan Toei Animation, dilansir dari berbagai sumber.

Toei Animation melanjutkan pihaknya masih menyelidiki rincian dari serangan hacker tersebut. Sampai saat ini, pihak studio menegaskan belum sepenuhnya pulih.

"Serangan ransomware juga mempengaruhi produksi anime Dragon Ball Super: Super Hero," lanjut Toei Animation.

Serangan ransomware adalah bentuk serangan malware yang membatasi akses ke data di server internal sebuah perusahaan. Biasanya hacker yang menyerang akses tersebut, meminta sejumlah bayaran untuk dibayarkan.

Aksi nakal hacker dalam serangan ransonware juga pernah menganggu produksi daging dan distribusi bensin di AS pada 2021. Serta mengantam distributor komik Diamon di tahun yang sama.

Sebelumnya, Toei Animation mengumumkan pada 11 Maret bahwa mereka mengalami serangan hacker. Sejak awal bulan, mereka berupaya untuk menyelematkan data yang ada di dalam perusahaan.

Toei menyebutkan pihak ketiga yang tidak berwenang mengakses jaringan perusahaan dan mengakibatkan penutupan sebagian sistem perusahaan. Toei pun mengaku masih menyelidiki kasus tersebut.

Peretasan itu pun menganggu jadwal produksi dan siaran dari anime One Piece, Dragon Quest: The Adventure of Dai, Delicious Party Precure, dan Digimon Ghost Game yang seharusnya tayang pada 12-13 Maret 2022.

Keempat jadwal anime itu ditunda penayangannya sampai 16-17 April 2022. Kabar terbarunya, Toei Animation menunda jadwal untuk Dragon Ball Super: Super Hero dalam franchise Dragon Ball Super yang seharusnya tayang di Jepang pada 22 April.

(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT