Ms Marvel Ramai Dibicarakan, Sang Kreator Bilang Begini

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 16 Mar 2022 17:03 WIB
Ms Marvel
Cuplikan adegan Ms Marvel. Dok. Marvel Studios
Jakarta -

Ms Marvel kini menjadi perbincangan setelah merilis trailer perdana mereka dan dijadwalkan tayang pada 8 Juni mendatang di Disney+ Hotstar. Banyak yang tak sabar menantikan aksi superhero muslim pertama di semesta Marvel tersebut.

Jauh sebelum trailer itu tayang dan menjadi salah satu pengisi di Marvel Cinematics Universe (MCU), detikHOT sempat mewawancarai sang kreator dari Ms Marvel atau Kamala Khan yakni Sana Amanat.

Pada kunjungannya ke Singapore Media Festival pada 2017 lalu, ia pun membahas soal karakter yang diperkenalkan pertama kali di komik Captain Marvel #14 pada Agustus 2013.

Sana terkejut melihat respons para fans Marvel terkait karakter buatannya itu. Ia tak menyangka mereka sangat menaruh perhatian pada gadis muslim kelahiran Pakistan-Amerika Serikat itu.

"Orang-orang bahkan membicarakannya dari sebelum karakter ini rampung ditulis," kata Sana Amanat.

Baginya, karakter Kamala Khan sangat relevan sehingga semua orang bisa merasa terhubung dengan tokoh tersebut. Ia bercerita, Kamala Khan adalah pribadi yang ceria dan humoris, namun di satu sisi ia juga canggung.

Menariknya, dibuatnya Kamala Khan atau Ms Marvel turut melengkapi keberagaman dari para tokoh pahlawan super garapan Marvel. Ia bukan hanya digambarkan sebagai tokoh blasteran, namun juga seorang muslim.

"Sebenarnya kami tidak fokus bicara soal agama atau budaya di sini, tapi kami berusaha juga menokohkan mereka yang dianggap minoritas, karena cerita superhero adalah metafor dari kehidupan nyata," jelas Sana Amanat mengenai karakter tersebut.

Sana Amanat bercerita, kisah Ms Marvel tidak melulu bicara mengenai siapa dia dan asal usulnya. Tapi juga perjalanannya menemukan jati diri sebagai remaja yang tiba-tiba dianugerahi kekuatan super.

"Hanya saja keberagaman adalah suatu sudut pandang yang menarik," tambahnya.

Ms Marvel sendiri sebelumnya direncanakan untuk melakukan debut di MCU lewat film Captain Marvel 2 atau yang sekarang dikenal dengan judul The Marvel. Sayangnya akibat pandemi COVID-19, film tersebut terpaksa mundur jauh. Lewat kabar terakhir baru diumumkan bahwa film tersebut mulai tayang pada Februari 2023.

"Kami ingin membuat Captain Marvel ada di luar sana terlebih dahulu sehingga ada sesuatu bagi seorang gadis muslim muda untuk mendapatkan inspirasinya," ujar Kevin Feigi, bos Marvel Studios, dalam acara D23 Expo pada 2019.

Pada ajang tersebut, Kamala Khan atau Ms Marvel diperkenalkan sebagai sosok remaja muslim kelahiran Pakistan-Amerika Serikat. Kamala pun digambarkan sebagai gadis yang sangat mengidolakan Carol Denvers atau Captain Marvel.

Ms Marvel dibintangi oleh Iman Vellani berperan sebagai Kamala Khan alias Ms. Marvel. Serial ini juga turut dibintangi oleh Aramis Knight, Saagar Shaikh, Rish Shah, Zenobia Shroff, Mohan Kapur, Matt Lintz, Yasmeen Fletcher, Laith Nakli, Azhar Usman, Travina Springer dan Nimra Bucha.

Episode dari Marvel Studios' "Ms. Marvel" disutradarai oleh Adil El Arbi & Bilall Fallah, Meera Menon and Sharmeen Obaid-Chinoy. Bersama Kevin Feige, Louis D'Esposito, Victoria Alonso dan Bisha K. Ali sebagai produser eksekutif. Sana Amanat and Trevor Waterson turut menjabat sebagai produser eksekutif untuk serial ini, dan Bisha K. Ali sebagai kepala penulis.

Poster Ms Marvel, serial Disney+ yang akan tayang 8 Juni 2022.Poster Ms Marvel, serial Disney+ yang akan tayang 8 Juni 2022. Foto: dok. Disney/Marvel Studios


Simak Video "Cuplikan Aksi Ms. Marvel, Superhero Muslim Perdana MCU"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)