Pengisi Suara Nobita Versi Pertama Meninggal Dunia

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 11 Nov 2021 07:06 WIB
Jakarta -

Aktris pengisi suara Nobita dalam serial kartun Doraemon, yakni Yoshiko Ohta dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-89 tahun. Selain pernah menjadi pengisi suara Nobita, Yoshika juga pernah menjadi pengisi suara beberapa kartun klasik dan animasi lainnya untuk Disney.

Berita atas kepergiannya itu telah dikonfirmasi oleh agensinya, Theater Echo pada Senin, 8 November lalu. Mereka menyatakan bahwa informasi kepergiannya adalah benar. Yoshiko telah menghembuskan nafas terakhirnya karena gagal jantung di sebuah rumah sakit daerah prefektur Kanagawa pada 29 Oktober lalu.

Semasa hidupnya, Yoshiko telah menikah dengan aktor Jepang bernama Osamu Saka, yang juga bergabung di agensinya pada tahun 1963.

Mereka berdua sama-sama berprofesi sebagai pengisi suara untuk beberapa kartun dan animasi klasik dari tahun 60 an hingga 90 an. Kemampuan Yoshiko sangat mengagumkan. Selain mengisi suara karakter perempuan, ia bahkan dapat menjadi pengisi suara laki-laki, contohnya karakter Nobita pada serial kartun Doraemon.

Yoshiko telah menjadi pengisi suara Nobita atau Da Xiong sejak manga itu pertama kali diadaptasi menjadi animasi Doraemon pada 1973 yang saat itu hanya ditayangkan di TV Jepang selama setengah tahun dan tidak pernah disiarkan ulang lagi sampai saat ini.

Selain Doraemon, Yoshika juga pernah menjadi pengisi suara Sapphire dalam Princess Knight, sebagai Leo dalam Kimba the White Lion, serta karakter Ranma ½ dan Inuyasha.

Tidak hanya untuk animasi Jepang, wanita kelahiran prefektur Hyogo pada 25 April 1963 ini juga pernah menjadi pengisi suara untuk beberapa film Disney, seperti Peter Pan, Bambi, Dumbo, dan The Fox and the Hound. Ia juga pernah menerima penghargaan dari Tokyo Anime Award Festival's (TAAF) dan Lifetime Achievement Award pada tahun 2016.

(ass/ass)