Profil Suneo, Anak SD Kaya Raya di Doraemon

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 30 Jul 2021 18:02 WIB
Suneo Honekawa
(Foto: dok. Istimewa) Dalam semesta Doraemon, Suneo adalah anak orang kaya. Kekayaannya juga tidak main-main.
Jakarta -

Namanya Suneo Honekawa. Tampilannya sangat khas dengan potongan rambut jabrik tajam, belakang kepala kotak, dan ujung bibir yang lancip mirip rubah. Dalam komik Nobita di Planet Binatang, Suneo dikisahkan berubah jadi rubah juga.

Dalam semesta Doraemon, Suneo adalah anak orang kaya. Kekayaannya juga tidak main-main. Selain rumahnya sangat mewah, dia juga punya keluarga yang tinggal di New York, Amerika Serikat. Tidak hanya itu, setiap musim panas Suneo dan keluarganya selalu berlibur ke Hawaii.

Di berbagai episode anime dan komik, Suneo juga kerap menyombongkan kekayaannya. Mulai dari punya mobil mewah, mainan remote control yang paling baru dan paling mahal (dan paling sering rusak atau hilang karena Gian), hingga koleksi barang-barang langka yang tidak dimiliki oleh anak SD lainnya.

Ayah Suneo adalah seorang direktur perusahaan dan pebisnis sukses. Dia juga punya relasi dengan orang-orang penting di Jepang mulai dari direktur televisi sampai akses ke artis-artis ternama. Segala hal yang tidak dimiliki oleh Nobita pasti dimiliki oleh Suneo.

Selain itu, Ayah dan Ibu Suneo juga mengoleksi barang-barang antik. Mulai dari guci tua peninggalan sejarah yang harganya jutaan, batu-batu permata, hingga furnitur yang juga tidak terhingga harganya. Di dalam rumahnya, disebut-sebut Suneo juga punya studio film animasi pribadi.

Belum lagi keluarga Suneo punya tanah, perkebunan, pulau-pulau pribadi, dan villa mewah. Tidak jarang pula dia mengajak Nobita dan teman-temannya untuk berlibur ke tempat pribadinya itu.

Tumbuh sebagai anak dari milyuner, Suneo kadang sangat manja. Tidak jarang pula dia menunjukkan sisi menyebalkan dan manipulatif terutama untuk urusan keselamatan dirinya dari "ancaman" Gian. Tapi sebenarnya dia adalah sosok yang baik hati, mudah menyesali perbuatannya, jago sains, dan juga tahu banyak soal seni.

Suneo HonekawaSuneo Honekawa versi Dewasa Foto: dok. Istimewa

Di kemunculan perdananya tahun 1979 dalam manga Prophecy of Doraemon, diketahui Suneo diberi uang saku bulanan sebesar 5000 Yen atau setara Rp 600 ribuan. Diperkirakan jumlah tersebut setara dengan Rp 22 jutaan per bulan untuk tahun 2021.

Di masa kini, Suneo bisa jadi seorang pembuat konten gaming yang sangat populer di YouTube karena dia jago soal video game. Suneo dikisahkan selalu bisa menjajal game-game terbaru yang dirilis dan sangat jago dalam game seperti The Story of Zelia (versi fantasi dari The Legend of Zelda).

Dalam film Stand By Me Doraemon 2, Suneo versi dewasa tampil sebagai sahabat dekat Nobita dan berubah jadi sosok yang dewasa, sukses, dan tetap kaya raya. Film Stand By Me Doraemon 1 akhir pekan ini akan tayang di Netflix.

(aay/nu2)