Joko Anwar dan BumiLangit Garap Serial Jagoan Perempuan TIRA untuk Disney+ Hotstar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 14 Okt 2021 18:52 WIB
Chelsea Islan sebagai TIRA
(Foto: dok. BumiLangit) TIRA, karakter komik dari BumiLangit, akan diproduksi sebagai serial dan tayang di Disney+ Hotstar.
Jakarta -

Disney+ Hotstar menggelar event APAC Content Showcase pada Kamis (14/10/2021). Salah satu yang diumumkan dalam acara ini adalah produksi serial jagoan Indonesia dari BumiLangit yaitu TIRA.

Joko Anwar selaku produser buat TIRA dan Creative Visionary dari BumiLangit senang mengumumkan kabar produksi TIRA. Ini merupakan salah satu usaha dari Joko Anwar dan BumiLangit untuk memperkenalkan budaya dan warisan komik dari kreator Indonesia ke masyarakat luas.

"Tentunya ada rasa terima kasih kepada publik pada tanggapan positif setelah Gundala. Tapi bangga nggak cukup untuk menggambarkan perasaan saya, ini adalah sesuatu yang jadi impian bersama. Ini adalah heritage Indonesia, kita senang bekerja sama dengan talenta terbaik Indonesia di depan layar dan belakang layar. Ini adalah sesuatu yang kita akan coba dorong sebisa kita," kata Joko Anwar yang hadir dalam event tersebut.

Soal TIRA, perwakilan dari Screenplay BumiLangit, Wicky V. Olindo memberikan sedikit bocoran mengenai sosok jagoan dengan kekuatan super ini. Meski tidak secara detail, namun cukup bisa menambah antisipasi para pecinta cerita-cerita superhero asli Indonesia.

"TIRA ini seorang wanita pekerja keras. Nama aslinya Suci, dia tumbuh dari keluarga yang bekerja keras juga. Suatu hari dia mendapatkan kekuatan super dan tentunya dengan kekuatan super itu muncul tanggung jawab yang besar. Jadi TIRA menggunakan kekuatannya untuk melawan ancaman yang datang," ungkap Wicky V. Olindo.

Sosok TIRA sebelumnya sudah diungkap akan diperankan oleh Chelsea Islan. Kekuatan super yang dimiliki TIRA menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan modern. TIRA nggak hanya ahli dalam hal bela diri tapi juga punya deretan gadget pendukung buat menjalankan aksinya.

Dalam poster perkenalan pemeran TIRA yang sudah dirilis BumiLangit beberapa waktu lalu, sosok TIRA tampil dengan topeng bernuansa abu-abu keunguan. Kita masih belum melihat bagaimana penampilan Chelsea Islan dalam kostum jagoannya tapi tentu ini akan jadi sebuah hal yang patut dinantikan.

Wicky V. Olindo tidak ingin memberitahu lebih banyak soal bagaimana kaitan-kaitan antara TIRA dengan karakter jagoan dari universe Gundala yang sudah diperkenalkan sebelumnya. Namun dia membuka pintu seluas-luasnya buat penggemar menelurkan teori-teori mereka.

Lewat produksi serial TIRA dan kerja sama Screenplay BumiLangit dan Disney+ Hotstar, Joko Anwar berharap masyarakat Indonesia bisa lebih tertarik untuk mengenal karakter-karakter komik asli Indonesia yang amat kaya dan beragam.

"Yang kita lakukan saat ini, BumiLangit bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap heritage yang kita punya terutama komik. Komik ini sudah lama ada, tapi nggak banyak orang tahu, kita coba bikin orang tahu dengan apa yang kita lakukan ini," tutup Joko Anwar.

TIRA masuk di daftar tunggu tayangan Disney+ Hotstar. Akankah kita bisa melihat penampilan Chelsea Islan sebagai TIRA pada 2022 mendatang? Kita tunggu saja!

(aay/dar)