Debby Cynthia Dewi Sang Ibu-ibu Antagonis di Sinetron

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 19:04 WIB
Debby Cynthia Dewi sudah berkarier di industri hiburan Indonesia sejak tahun 1972. Tak jarang, orang mengenalnya sebagai ibu-ibu jahat di sinetron.
(Foto: dok. Istimewa/Instagram) Debby Cynthia Dewi sudah berkarier di industri hiburan Indonesia sejak tahun 1972. Tak jarang, orang mengenalnya sebagai ibu-ibu jahat di sinetron.
Jakarta -

Nama dan wajah Debby Cynthia Dewi pasti tidak asing buat para pecinta sinetron. Aktris yang satu ini akrab dengan peran-peran antagonis sejak lama.

Debby Cynthia Dewi sudah berkarier di industri hiburan Indonesia sejak tahun 1972. Tak jarang, orang mengenalnya melalui sejumlah perannya sebagai karakter jahat dalam film dan sinetron.

Debby Cynthia Dewi atau biasa disapa Debbie ini merupakan salah satu aktris senior Tanah Air. Ia lahir pada 4 Agustus 1952, dari pasangan aktor S. Bono dan Wanita Manado, Dorothea Tambajong. Ketika masih kecil, orang tuanya bercerai dan kemudian ayahnya menikahi salah satu aktris bernama Lies Permanasari. Dari hasil pernikahan tersebut, ia memiliki adik yang kini juga merupakan seorang aktris, Rini S. Bono.

Meski demikian, Debby kecil tinggal di Bandung bersama ibunya yang juga telah menikah lagi. Ia memulai kariernya sejak tahun 1972. Debby debut di dunia akting lewat film yang berjudul Catatan Harian Seorang Gadis (1972) sebagai Saidah dan Tiada Jalan Lain (1972) sebagai Helen. Melalui film tersebut, Debby akhirnya dikenal publik dan mulai mendapatkan tawaran untuk bermain dalam beberapa proyek film.

Ia pun akhirnya berperan dalam sejumlah film tahun 90an seperti, Tabah Sampai Akhir (1973), Mustika Ibu (1976), Tuyul (1978), dan Cubit-cubitan (1979). Selain berakting dalam proyek film, Debby juga bermain dalam sejumlah sinetron. Dari situlah, ia dikenal lekat dengan perannya sebagai tokoh antagonis. Dengan raut wajah yang jutek, ia dapat berperan dengan baik.

Debby Cynthia Dewi sudah berkarier di industri hiburan Indonesia sejak tahun 1972. Tak jarang, orang mengenalnya sebagai ibu-ibu jahat di sinetron.Debby Cynthia Dewi sudah berkarier di industri hiburan Indonesia sejak tahun 1972. Tak jarang, orang mengenalnya sebagai ibu-ibu jahat di sinetron. Foto: dok. Istimewa/Instagram

Salah satu peran antagonisnya yang dikenal saat ini ialah dalam sinetron Samudra Cinta. Dalam sinetron produksi SinemArt yang tayang di SCTV sejak tahun 2019 ini, ia berperan sebagai Novi. Sebelumnya, ia juga pernah membintangi sinetron ternama seperti Cinta Fitri (2007 - 2009), Anak Langit (2017), dan Cinta Suci (2018).

(aay/aay)