Netflix Diprotes karena Anime Record of Ragnarok Dinilai Lecehkan Dewa Siwa

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 03 Jun 2021 14:53 WIB
Record of Ragnarok
Penggambaran Dewa Siwa dalam anime Record of Ragnarok / Foto: (dok.Netflix)
Jakarta -

Anime Record of Ragnarok jadi sorotan padahal anime itu belum resmi tayang. Sebagian cerita dan penggambaran salah satu karakternya dalam kisah anime tersebut dianggap menyinggung umat agama Hindu.

Record of Ragnarok disebut meremehkan Siwa, salah satu dewa dalam agama Hindu. Protes dilayangkan oleh tokoh agama Hindu, Rajan Zed yang menganggap sosok sang dewa ditempatkan keliru dalam anime ini.

Menurut laporan, dalam serial anime ini yang disutradarai oleh Masao Okubo; Dewa Siwa (disuarakan oleh Tatsuhisa Suzuki) akan ditampilkan berpartisipasi dalam pertandingan pertarungan satu lawan satu dengan manusia.

Penggambaran sosok Siwa yang digambarkan memiliki tenaga layaknya Thor juga dipermasalahkan dalam serial anime ini. Ia menyebut ajaran Hindu disalahartikan.

"Hindu adalah agama tertua dan terbesar ketiga di dunia dengan sekitar 1,2 miliar penganut dan pemikiran filosofis yang kaya dan tidak boleh dianggap sembrono. Tidak ada keyakinan, lebih besar atau lebih kecil, yang harus disalahgunakan," kata Zed.

Ini bukan pertama kalinya tokoh Hindu, Rajan Zed mengeluarkan keluhan seperti itu. Ia sebelumnya mengkritik video game Shin Megami Tensei IV: Final karena menampilkan Krishna, avatar kedelapan Dewa Wisnu, dan video game Smite karena menampilkan Dewi Kali. Dia juga melontarkan kritik terhadap X-Men: Apocalypse.

Netflix menanggapi protes atas anime Record of Ragnarok yang dijadwalkan rilis di 17 Juni tersebut. Layanan streaming terbesar ini mengatakan yang mereka tampilkan tak dimaksudkan untuk menyinggung pihak atau sekelompok orang.

"Kami di Netflix menghormati semua agama, komunitas, dan budaya serta tradisi mereka. Kisah-kisah yang ada di layanan kami tidak dimaksudkan untuk tidak menghormati atau menyakiti sentimen komunitas atau kelompok mana pun," ujar Netflix dalam pernyataan resmi.



Simak Video "Kronologi Meninggalnya Produser Netflix Usai Diracuni Rekan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)