5 Fakta di Balik Serial Humans

Devy Octaviany - detikHot
Sabtu, 28 Nov 2020 15:05 WIB
HUMANS
Foto: HUMANS
Jakarta -

Series Humans mengeksplorasi hubungan manusia dengan robot serta mengaburkan batas antara manusia dengan mereka. Untuk Anda pencinta cerita sci-fi, serial ini semestinya jangan dilewatkan.

Ada sejumlah fakta menarik di balik serial yang tersedia dapat disaksikan di Mola TV ini, berikut di antaranya:

1. Tak hanya tentang robot

Meskipun serial ini mengeksplorasi penggunaan robot dalam kehidupan kita sehari-hari, serial ini benar-benar menggali lebih dalam tentang kemanusiaan. Gemma Chan menyampaikan hal ini dalam sebuah wawancara.

"Inti dari kisah di serial ini adalah menggali lebih dalam apa yang membuat kita manusia dan dari mana semua itu berasal. Humans menggali tentang itu semua lewat gagasan kecerdasan buatan yang jadi bagian dari teknologi saat ini," tutur Gemma Chan.

2. Pelatihan menjadi robot untuk para pemeran Synth

Robot-robot dalam Humans disapa dengan nama Synth. Ada pelatihan khusus yang dijalani oleh para pemeran yang kebagian peran sebagai Synth,

Gemma Chan salah satunya, harus menjalani latihan dengan seorang koreografer khusus untuk tampil sebagai robot dan terlihat alami.

Masing-masing aktor yang berperan sebagai Synth dilatih oleh koreografer untuk menghasilkan gerakan spesifik untuk karakter mereka.

3. Salah satu aktor jadi parno pakai gadget

Synth atau para robot dalam Humans tak berbeda banyak dengan ragam teknologi yang digunakan manusia saat ini.

Diungkapkan Gemma Chan bicara soal teknologi dengan artificial intellegent, ia ingin namun tak bisa menghindar. Gemma Chan mengatakan dirinya tak memungkiri membutuhkan teknologi.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan membutuhkan iPad, dan sekarang saya menggunakannya, sepanjang waktu. Itu akan membuatku takut," ujarnya.

Hal senada juga dialami oleh aktor lain, William Hurt. Ia juga lebih berhati-hati.

"Saya rasa, saya harus lebih berhati-hati terutama dengan ide memiliki robot sendiri," tutur sang aktor.

William Hurt menambahkan, bermain dalam series ini membuatnya mempertanyakan seberapa penting menggabungkan dunia manusia dengan kehadiran teknologi seperti yang juga mulai terasa di dunia saat ini.

4. Gemma Chan terpilih jadi pemeran tanpa audisi ulang

Gemma Chan memerankan salah satu Synth dan ia menerima peran tersebut saat datang pertama kali untuk audisi. Penampilannya meniru robot langsung mencuri perhatian tim produksi sekaligus kreatornya Jonathan Brackley dan Sam Vincent.

5. Tampilkan aneka robot

Series Humans menampilkan berbagai tipe robot yang berbeda-beda. Robot-robot Synth itu dikisahkan dibuat dengan berbagai tujuan.

Peran robot bernama Anita yang dilakoni Gemma Chan misalnya, diciptakan sebagai robot pelayan rumah tangga.

Robot lain juga digambarkan diciptakan untuk merawat dan menjaga manusia meniru peran suster di rumah sakit.

(doc/dal)