Tak Sangka Viral, Thread Horor Oyot Mimang Menjamur

ADVERTISEMENT

Spotlight

Tak Sangka Viral, Thread Horor Oyot Mimang Menjamur

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 03 Jan 2023 17:04 WIB
NuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot Mimang
Foto: Rafida Fauzia/ detikcom
Jakarta -

Jagat maya Twitter dipenuhi oleh berbagai akun sampai Thread Horor sejak viralnya Keluarga Tak Kasat Mata dan KKN Desa Penari. Dunia horor merambah ke digital setelah sukses di pasaran melalui industri buku.

Akun Twitter @nuugroagung mencoba keberuntungan di ranah horor melalui pengalaman pribadinya jelang resmi menikah dengan kekasih hati. Pria yang akrab disapa Agung menuturkan Thread yang ditulisnya memang berdasarkan kisah nyatanya.

"Sejak kecil saya memang sudah diliputi banyak cerita mistis. Saat kelas 4 SD, saya pernah kena santet, bapak juga kena. Apalagi bapak jualan di pasar, yang dunia 'seperti itu' sudah seperti makanan sehari-hari karena adu saing pedang," tutur @nuugroagung ketika mengobrol dengan detikcom.

Ketika baru menulis Oyot Mimang, Agung tak menyangka ternyata kisahnya viral. Dia sampai diundang menjadi narasumber paranormal experience milik channel YouTube Raditya Dika, kisahnya pun bakal dibukukan oleh penerbit Gagasmedia tahun ini.

Menurut penuturan Agung, cerita horor Indonesia selalu menarik diceritakan karena sarat akan nilai budaya.

NuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot MimangNuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot Mimang Foto: Rafida Fauzia/ detikcom

"Cerita horor di Indonesia bukan hanya asal seram saja, ada pesan yang disampaikan terkait tempat-tempat sakral yang nggak boleh digugat. Apalagi kita ada di budaya Timur yang setiap daerah punya ritualnya masing-masing," ungkapnya.

Mengenai cerita Oyot Mimang yang terjadi kepada Agung di 2016, ia menegaskan ada banyak kisah lainnya. Misalnya saja tentang sebuah bus yang tersesat di Alas Purwo, atau rombongan ketoprak atau ludruk yang ternyata mobilnya ada di tengah hutan padahal ketika malam sempat menghibur dan menggelar pentas.

"Ada rombongan jalan dari Bandung ke Cirebon, kesasar di hutan dan berita itu masuk ke televisi juga, loh," tegas Agung.

"Sebenarnya sekilas banyak yang asing dengan istilah Oyot Mimang, tapi kejadian tak masuk akal itu ada di sekitar kita," tulis lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Jawa Tengah.



Simak Video "Ferry Irawan Sudah Siap Bila Digugat Cerai Venna Melinda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT