Mitos Oyot Mimang yang Viral dan Bikin Orang Tersesat

ADVERTISEMENT

Spotlight

Mitos Oyot Mimang yang Viral dan Bikin Orang Tersesat

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 03 Jan 2023 15:24 WIB
NuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot Mimang
NuugroAgung saat menceritakan mengenai Thread horor Oyot Mimang di kantor detikcom, kawasan Tendean, Jakarta Selatan. Foto: Rafida Fauzia/ detikcom
Jakarta -

Mitologi mengenai Oyot Mimang dikenal di tanah Jawa. Banyak sumber yang mengatakan ada makhluk gaib yang membuat orang-orang tersesat.

Padahal Oyot Mimang secara harfiah diartikan sebagai akar pohon yang tak berujung. Konon, bagi siapapun yang melangkahinya atau tersandung maka akan linglung lalu tersesat sampai dibuat berputar-putar di lokasi itu saja.

Akun Twitter @nuugroagung yang membuat Thread cerita horor lewat media sosial pribadinya menceritakan pengalaman pribadinya terkena mitos tersebut. Saat itu, dia bersama calon istrinya sedang mencari keluarga yang tersesat jelang akad nikah dan kejadiannya dini hari sekitar pukul 2 malam.

Pria yang akrab disapa Agung menceritakan mitos Oyot Mimang itu sesuatu yang jarang dibicarakan tapi sering ditemukan.

"Orang-orang ngomongnya tersesat, diputar-putar padahal ada penyebabnya. Akar itu, diidentifikasinya memang susah karena nyaru dengan hal yang biasa," kata @nuugroagung atau akrab disapa Agung ketika menceritakannya kepada detikcom.

Setelah kejadian pada 2016, Agung kembali menelusuri jejak peristiwa yang hampir mengancam nyawanya dan istrinya kala itu. Pada Desember 2021, ia merasa ada seseorang yang membisikkan untuk menuliskan kisah tersebut.

"Ini murni cerita pribadiku, respons pembaca di Twitter sangat bagus, disambut dengan orang-orang komentar di YouTube Bang Radit (Raditya Dika)," sambungnya.

Bahkan Raditya Dika secara khusus memuji kisah horor yang dialami Agung. "Sempat bilang, gue suka cerita ini karena yang mengalami banyak," tutur Radit kala itu.

Saat diwawancarai oleh Raditya Dika, Agung menegaskan mic yang dikenakannya sempat mati sebanyak 3 kali. "Radit kan nggak pernah pakai gimmick, selalu melogikan cerita tapi memang Oyot Mimang ini agak susah untuk memasukkan logika," kenangnya.

Dari cerita horor mengenai Oyot Mimang, @nuugroagung kini eksis menceritakan berbagai kisah lainnya. Dia juga sekarang aktif menulis di platformkaryakarsa.com, kisah Oyot Mimang pun segera dibukukan oleh penerbit Gagasmedia dalam waktu dekat.

Bagaimana cerita proses kreatif @nuugroagung berikutnya? Simak artikel berikutnya ya!



Simak Video "Nikita Mirzani Dipolisikan Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT