Oyot Mimang: Petaka Pasangan Mau Menikah Langgar Aturan Pingit

ADVERTISEMENT

Spotlight

Oyot Mimang: Petaka Pasangan Mau Menikah Langgar Aturan Pingit

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 03 Jan 2023 14:27 WIB
NuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot Mimang
Penulis Thread Horor Oyot Mimang yang karyanya segera dibukukan oleh Gagasmedia, Nuugroagung. Foto: Rafida Fauzia/ detikcom
Jakarta -

Alkisah, dalam legenda urban Jawa ada sebuah akar yang tiada ujung. Akar itu sambung-menyambung berada di dalam tanah, biasanya kerap ada di wilayah pegunungan, dan sering menyesatkan orang-orang.

Akar tak berujung itu biasanya dikenal dengan istilah Oyot Mimang. Kata 'oyot' dalam bahasa Jawa diartikan sebagai tumbuhan berpembuluh atau akar. Konon mitologi ini hidup dan banyak dialami di wilayah dataran tanah Jawa.

Mitos itu terjadi pada pasangan @NuugroAgung dan istrinya yang kini sudah menikah. Enam tahun yang lalu, ketika mereka akan melangsungkan akad nikah di sebuah kota di Jawa Tengah, keduanya mengalami hal tak masuk akal.

November 2016, seorang desainer grafis di penerbitan terkemuka Jakarta masih ingat kejadian yang menimpanya. Kepada detikcom, ia menceritakannya secara detail lewat Thread horor akun Twitter @NuugroAgung.

"Aku kerja di Jakarta, pulang ke Tegal karena mau akad nikah di kampung halaman istri. Sebelum berangkat, aku diantar sama saudara jauh berlima minum air yang sudah didoakan. Sepanjang perjalanan, sopir cuek dengan aturan-aturan jangan kencing sembarang, bunyikan klakson di wilayah yang sekiranya 'agak gitu', ya nggak permisi-permisi," kata pria yang akrab disapa Agung ketika mengobrol dengan detikcom di kantor, kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

NuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot MimangNuugroAgung, Penulis Thread Horor Oyot Mimang yang viral di Twitter. Foto: Rafida Fauzia/ detikcom

Sampai tiba tengah malam di kampung istri, rombongan lainnya memaksa langsung pulang. Padahal bapaknya Agung berpesan, agar pulang ketika pagi tiba.

Dia tidak bisa memaksa keluarga jauhnya untuk tinggal lebih lama lagi. Petaka itu terjadi. Rombongan yang mengantarnya tersesat ke kawasan longsor dan tak masuk akal jika mereka hanya merasakan jalanan yang lurus-lurus saja.

"Perasaan aku nggak enak, kayaknya mereka tersesat. Akhirnya aku minta bantuan keluarga istri buat cari dan menelusuri jalan mereka. Pas mau berangkat, ternyata calon istri saat itu ikut," terangnya.

Dari situ, Agung menyadari kalau ia sudah satu kali melanggar aturan pingit. Dia menegaskan, pasangan yang mau menikah 'bau darahnya' tercium lebih wangi bagi makhluk tak kasat mata.

Ketika berada di hutan pinus saat mencari keluarganya, Agung sadar ada berbagai pawai makhluk tak kasat mata dengan beragam bentuk. Bahkan ada yang meneror mobil yang mereka tumpang. Jika dipikir sampai sekarang, bisa saja nyawa mereka menjadi incaran bagi makhluk tersebut.

"Kenapa orang yang mau nikah, nggak boleh jalan-jalan jauh, takutnya ada kejadian yang nggak diinginkan. Takutnya kecelakaan, karena nasibnya berkaitan dengan mistis. Orang yang mau menikah, baru banget menikah, dan bayi baru lahir itu wangi," ucapnya.

Bagaimana cerita NuugroAgung soal kisah Oyot Mimang yang viral di jagat Twitter tahun lalu? Simak artikel berikutnya ya!





Simak Video "Dikenal Sering Main Film Horor, Sara Fajira Ingin Jajal Genre Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT