Sri Asih Bukan Jagoan Sembarangan

ADVERTISEMENT

Spotlight

Sri Asih Bukan Jagoan Sembarangan

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 04 Okt 2022 16:12 WIB
Webtoon ‘Sri Asih: Celestial Goddess’
Komik Sri Asih: Celestial Goddess Alana's Story terbit awal bulan ini. Foto: Bumilangit/ Istimewa
Jakarta -

Kemunculan Sri Asih pada 1954 menjadi oase bagi industri komik Tanah Air. Adalah RA Kosasih yang dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia mengenalkan jagoan adisatria pertama dan jagoan perempuan di Indonesia yang sukses.

Sepanjang hari ini, karakter Sri Asih dibicarakan netizen Indonesia karena penayangan filmnya yang dijadwalkan 6 Oktober terpaksa mundur ke 17 November. Setelah dua tahun menunggu karena terdampak pandemi, Sri Asih kembali harus ditunggu lebih lama lagi.

Di versi film yang disutradarai Upi, Sri Asih diperankan oleh Pevita Pearce dan membawa 'jiwa' yang berbeda. Bagaimana dengan versi adaptasi komik?

Awal bulan ini, Bumilangit Comics menerbitkan serial komik Sri Asih: Celestial Goddess yang sebelumnya pernah dimuat di versi Webtoon Indonesia. Dalam versi komik terbaru, Sri Asih dikenalkan bukan sekadar seorang jagoan perempuan dengan kekuatan dari Dewi Keadilan.

Editor Bumilangit Comics, Nabilah Rosyadah, menuturkan dalam kisah yang dibuat RA Kosasih, Sri Asih adalah sosok manusia tertinggi yang dipilih oleh Dewi Asih atau Dewi Keadilan untuk menegakkan keadilan di bumi ini. Sri Asih sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan ada dalam satu periode tertentu.

"Sri Asih ada tiga versi, Nani Wijaya, Alana, dan Rengganis. Di Sri Asih: Celestial Goodes tentang Alana seorang siswi SMA yang memiliki kemampuan indera keenam dan menginginkan indera ketujuh atau teman satu grup Alana. Suatu hari jiwa keadilan tinggi dari Sri Asih muncul dan Alana menjadi Sri Asih," ungkap Nabilah kepada detikcom.

Komik Sri Asih: Celestial Goddess Alana's StoryKomik Sri Asih: Celestial Goddess Alana's Story Foto: Bumilangit Comics/ Istimewa

Nabilah yang juga menjadi editor bagi komik terbitan Sri Asih ini melanjutkan dalam serial terkini, Sri Asih masuk ke Jagat Bumilangit Revolusi. Jagat ini diperuntukkan untuk pembaca generasi muda.

"Kami mengenalkan tokoh Sri Asih yang sudah dibikin di tahun 1954 ke dalam bentuk lebih modern. Alana baru tahu ada kekuatan di dalam dirinya saat Dewi Asih muncul dan menawarkan, 'Alana, ini saatnya kamu memakai kekuatan kamu untuk menolong orang," kata Nabilah.

"Saat itu, dia berubah menjadi Sri Asih untuk pertama kalinya," sambungnya.

Di versi webtoon yang terbit 2020, komik digital Sri Asih terbit menyambut penayangan filmnya. Sayangnya, filmnya ditunda karena terdampak pandemi COVID-19 dan versi webtoon tetap lanjut.

Di versi cetak, Bumilangit ingin memberikan pengalaman membaca yang berbeda kepada para penikmatnya. Hal terbaru yang bakal dibocorkan, lanjut Nabilah, Sri Asih nantinya berjumpa dengan jagoan Virgo.

"Itu ada bab spesial dan belum pernah diterbitkan ke mana-mana. Di komik volume kedua, Virgo dan Alana atau Sri Asih akan menghadapi musuh yang sama. Tapi eits, tunggu saja nanti bocorannya di volume kedua," tukasnya.

Kini komik Sri Asih: Celestial Goddess sudah tersedia di berbagai toko buku sejak akhir pekan lalu. Rencananya, Bumilangit Comics bakal menerbitkan sampai 5 volume. Simak artikel berikutnya!



Simak Video "Screenplay Bumilangit Umumkan Para Pemain Film 'Sri Asih'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT