Spotlight

Cerita Della Dartyan Bertualang ke Gunung sampai Laut, Cara Buat Lawan Fobia

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 25 Jan 2022 15:28 WIB
Della Dartyan
Della Dartyan menceritakan berbagai pengalaman jalan-jalan sebagai proses healing dalam hidupnya.Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Apa pun bisa terjadi, jika ada tekad yang kuat. Metafora itulah yang tepat untuk menggambarkan perjalanan penyembuhan Della Dartyan dalam titik terendah dalam hidup.

Perjalanan sang aktris ke berbagai tempat di Indonesia itulah yang membuatnya menuangkan tulisan ke dalam buku berjudul Biru Kelana. Buku itu bakal terbit bulan depan dan segera memasuki sistem pre-order.

Demi bangkit dari keterpurukan, Della Dartyan mencoba bertualang lalu menuliskannya ke dalam buku. Ada satu hal yang ternyata berhasil dikalahkannya ketika jalan-jalan.

"Gimana aku melawan ketakutan aku sendiri, kalau takut akan sesuatu justru akan membuat kita terblokir, jadi ruang gerak sempit. Aku fobia banget namanya hiu dari kecil. Aku besar di Bali tapi aku takut banget ke laut cuma di pinggiran aja," ungkap Della ketika diwawancarai detikcom.

Tapi karena pengalamannya diving di Pulau Komodo dan bertemu hiu, dia teringat perkataan temannya kalau hiu di Indonesia berada di perairan air hangat maka tidak seperti hiu di Australia. Ternyata benar perkataan temannya.

Saat pertama kali diving dan bertemu dengan hiu, Della jadi berani mendekati makhluk laut tersebut. Bukan sekali atau dua kali, Della juga melakukan free diving ke berbagai tempat lainnya.

"Fobia lainnya adalah aku takut banget dengan ketinggian, banyak orang merasa kalau berada di tempat tinggi mau jatuh rasanya dan rasa itu yang aku rasakan saat berada di ketinggian," sambungnya.

Sama halnya ketika belajar pertama kali wall climbing, Della Dartyan sampai diberikan nasihat untuk percaya dengan tali.

"Pada saat itulah aku belajar, jangan takut sama ketakutan kamu sendiri. Ternyata berada di ketinggian malah menyenangkan," ungkapnya.

"Ketakutan itulah yang juga memblokir keindahan alam bawah Indonesia yang indah banget. Kenapa nggak dari dulu ya, ketakutan nge-cut kita untuk menikmati hal yang sangat indah di Indonesia," sambung kekasih Nino Kayam tersebut.

Melalui buku Biru Kelana, lanjut dia, ada banyak hal dan proses penyembuhan yang berhasil didapatkannya.

"Iya, justru aku di sini mau menceritakan juga kan ada hal yang dulu aku nggak pernah kepikiran, wall climbing, naik gunung ada di Della? Setelah melewati proses healing ini, jadi ada sesuatu yang aku suka sekarang," pungkasnya.

[Gambas:Instagram]


Simak Video 'Perjalanan Healing Della Dartyan Dituangkan dalam Sebuah Buku':

[Gambas:Video 20detik]



(tia/dar)