Spotlight

Di Balik Kepopuleran Berserk

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 28 Sep 2021 15:20 WIB
Manga Berserk
Manga Berserk Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketika pencipta sekaligus komikus Berserk meninggal pada 6 Mei, pencinta manga berduka akan kepergiannya. Kentaro Miura tutup usia di umur 54 tahun karena diseksi aorta.

Sepeninggal Kentaro Miura, sejumlah proyek terpaksa dibatalkan dan berhenti terbit. Tapi ada proyek manga lainnya yang tetap berlanjut bersama tim studio milik Kentaro Miura.

Kentaro Miura menciptakan edisi pertama Berserk dan mengirimkan ke sebuah majalah di 1988. Usai lulus kuliah, angsuran pertama Berserk telah diterbitkan di Animal House, serial ini pun rilis di Amerika Serikat oleh penerbit Dark Horse Comics.

Berserk menceritakan tentang seorang pendekar pedang bernama Guts yang juga tentara bayaran tunggal. Gaya bertarung yang brutal dengan zirah berpelindung bahu panjang sambil menenteng pedang berukuran besar sebagai senjata.

Ada juga karakter bernama Griffith seorang pemimpin band tentara bayaran yang disebut Band of the Hawk dalam manga Berserk.

Kentaro MiuraKentaro Miura Foto: (dok.ist)

Berserk terinspirasi dari era Eropa abad pertengahan dan terletak di dunia fantasi yang gelap. Berserk disebut sebagai mahakarya dari Kentaro Miura.

Berserk dipuji sebagai manga yang terlama dan terpanjang yang pernah terbit di Jepang dan masih eksis sampai sekarang.

Kabar terbarunya, departemen editorial Hakusensha mengumumkan sepeninggal Kentaro Miura penerbit bakal tetap melanjutkan bab dari manga Berserk.

"Kami dapat melanjutkan manuskrip yang dia tulis, yang tertinggal, dan diterbitkan saat ini berkat dukungan penuh dari anggota Studio Gaga, yang bekerja bersama Berserk dan komikus Kentaro Miura selama bertahun-tahun," ucap pihak Hakusensha.

Penerbit menegaskan manga Berserk bab 364 dalam volume majalah yang terbit adalah karya terakhir sang komikus.

"Ini adalah karya terakhir sang mendiang Kentaro Miura," kata penerbit.

Baca halaman berikutnya soal kepopuler Berserk di balik nama besar Kentaro Miura.



Simak Video "Tom Holland Beri Isyarat Pensiun Jadi Spider-Man?"
[Gambas:Video 20detik]