Spotlight

Tukang Pulas Ubah Foto Jadi Berwarna, Ini Tekniknya!

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 16 Mar 2021 14:05 WIB
Akun Instagram @tukangpulas_asli
Hasil Karya Tukang Pulas Foto: @tukangpulas_asli/ Instagram
Jakarta -

Seorang polisi yang bertugas di Ditlantas Polda Metro Jaya menjadi sosok penting di balik akun Instagram Tukang Pulas. Ia mampu mengubah foto jadul hitam putih menjadi berwarna.

Aipda Heru Iswanto punya teknik tersendiri dalam memulas foto-foto lawas tersebut. Sebagian besar foto jadul itu didapatkannya dari arsip digital di Belanda, arsip nasional, sampai teman-teman kolektor foto-foto jadul.

Kepada detikcom, Heru mengatakan aplikasi yang digunakannya masih menggunakan Photoshop.

"Saya cuma pakai itu aja sih, kalau sekarang biar tone warna lebih enak pakai light room. Kalau coloring dari Photoshop, sekiranya ada yang kurang baru pakai itu," katanya ketika dihubungi detikcom.

Biasanya jika ada foto-foto yang terdapat nodanya, Heru membersihkannya lebih dahulu. Bahkan ia bisa mengkloning fotonya jika ada kerusakan lebih parah.

Foto jadul asli yang akan diubah menjadi berwarna, lanjut Aipda Heru, biasanya akan di-scan lalu baru diotak-atik. Untuk urusan teknik pewarnaan, jika di awal-awal menggeluti hobi itu memakai teknik dasar cukup satu layer sudah jadi, kini tidak bisa lagi.

"Kalau sekarang nggak bisa. Satu kulit saja bisa minimal 10-15 kulit untuk satu kulit manusia," lanjutnya.

Akun Instagram @tukangpulas_asliAkun Instagram @tukangpulas_asli Foto: Aipda Heru Iswanto/ Pribadi

Khusus pewarna untuk pakaian minimal 4 layer. "Biar gradasi warna dapat, siluetnya juga biar kena," katanya.

Heru bakal mengusahakan gambar yang berhasil diwarnainya akan lebih hidup ketimbang hitam-putih.

"Kalau pesanan pribadi saya konfirmasi dulu apakah ada rekomendasi biar disampaikan warnanya. Kalau foto umum biasa yang kebanyakan non militer itu dari imajinasi saya tapi tetap saya mencari tahu dulu," ungkap pria yang sudah menjadi polisi sejak tahun 2001.

[Gambas:Instagram]



Dalam setiap karya yang diunggah, Aipda Heru Iswanto juga membubuhkan cerita di balik foto tersebut. Sebagian keterangan foto berasal dari referensi berbagai sumber.

Hobi yang dilakoni polisi itu bermula dari keisengan belaka ketika bergabung dengan grup Facebook tentang coloring. Dari situ, Heru belajar berbagai teknik pewarnaan sampai sekarang karyanya diapresiasi publik.

Untuk membuat satu potret, ia bisa menghabiskan waktu selama kurang dari satu jam. Tapi jika fotonya rumit bisa melebihi itu.

"Terkadang di kantor agak senggang waktu, saya buka. Selebihnya di rumah setelah pulang dari kantor. Sekarang ini pekerjaan semakin banyak, jadi saya kurang posting lagi," pungkasnya.

Simak artikel berikutnya ya!



Simak Video "Tukang Pulas Foto Lawas Bikin Foto Jadul Makin Menarik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)