Spotlight

Hobi Seorang Polisi Di Balik Akun Instagram Tukang Pulas

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 16 Mar 2021 12:38 WIB
Akun Instagram @tukangpulas_asli
Foto: Istagram tukangpulas_asli (dok.istimewa)
Jakarta -

Di antara deretan foto-foto jadul nan lawas yang bertebaran di jagat maya, ada satu akun Instagram yang memolesnya menjadi berwarna. Foto-foto itu kini lebih bermakna dengan nuansa berbeda.

Sosok di balik akun Instagram @tukangpulas_asli bukan sembarangan orang. Siapakah dia?

Pria yang bekerja sebagai polisi di Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Ditlantas Polda Metro Jaya, Aipda Heru Iswanto adalah sosok yang membuat akun @tukangpulas_asli.

Kali ini spotlight culture detikcom bakal membahas mengenai proses kreatif si Tukang Pulas sampai karya fotonya dikenal masyarakat. Kepada detikcom, Aipda Heru menceritakan mengenai prosesnya yang bermula dari hobi iseng pada 2016.

"Awalnya saya lihat postingan di Facebook, ada foto bersejarah tapi kok berwarna ini beneran fotonya diedit atau apa. Saya mulai gabung di Indonesian History Colorize Photo dan dari situ ketertarikan dimulai," ucap Aipda Heru ketika diwawancarai detikcom, belum lama ini.

Sosok di Balik Akun Instagram @tukangpulas_asliSosok di Balik Akun Instagram @tukangpulas_asli Foto: Aipda Heru Iswanto/ Pribadi

Pada 2016, pria berusia 40 tahun itu mulai membuat akun @tukangpulas_asli di akun Twitter. Lalu karya-karyanya menjamah ke Instagram.

Ketertarikan Heru diakuinya dari hobi yang menyenangi persoalan sejarah dan hal-hal berbau militer.

"Saya senang saja dan nggak mendalami awalnya. Akhirnya coba belajar dari hasil Googling dan bisa. Dengan bergabungnya di grup Facebook, kan ada banyak yang pintar coloring juga di situ. Ada teknik ini itu, saya gabungkan tekniknya," sambung Heru.

Aipda Heru Iswanto yang berprofesi sebagai polisi sejak tahun 2001 kini eksis berkarya dengan foto-foto jadul yang diubah menjadi berwarna. Deretan foto tokoh pahlawan nasional mulai dari Ahmad Yani, Soeharto sampai Soekarno pun dipolesnya.

Akun Instagram @tukangpulas_asliAkun Instagram @tukangpulas_asli Foto: @tukangpulas_asli/ Instagram

Menurut Heru, ia seperti menghidupkan lagi foto-foto jadul itu menjadi lebih bermakna dan elegan. Karyanya juga kini diapresiasi positif oleh publik.

"Saya merasanya jadi lebih hidup saja dan merasa dekat dengan sejarah. Saya merasanya lebih dekat dengan masa lalu," lanjutnya.

Di sela-sela tugasnya sebagai polisi, Aipda Heru Iswanto konsisten memoles foto-foto jadul tersebut. Bahkan rekan sejawat dan atasannya sudah tahu karya-karyanya di media sosial.

"Selama positif nggak ada masalah, main media sosial selama sifatnya bisa berbagi informasi nggak ada masalah," pungkasnya.

Bagaimana cerita Aipda Heru Iswanto dalam memoles satu karya foto jadi berwarna dan proses kreatifnya sampai sekarang?

Simak artikel berikutnya!

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Tukang Pulas Foto Lawas Bikin Foto Jadul Makin Menarik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)