Spotlight

Boruto Selalu Viral di Indonesia, Ini Kata Komunitas Dunia Naruto ID

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 19 Jan 2021 15:30 WIB
Manga Boruto: Naruto Next Generations
Manga Boruto trending dan viral di Indonesia. Ini kata komunitas Dunia Naruto ID Foto: Istimewa
Jakarta -

Sepanjang tahun 2020, manga Boruto: Naruto Next Generations selalu trending di Google maupun Twitter Indonesia. Nama karakter Naruto dan Boruto pun teringang terus di benak para penggemarnya.

Ada banyak keistimewaan dari karakter-karakter yang diciptakan oleh komikus Jepang Masashi Kishimoto. Bahkan manga Boruto menempati posisi teratas di industri komik Jepang.

Komunitas Dunia Naruto ID menanggapi viralnya manga Boruto yang trending sepanjang tahun ini. Menurut salah satu admin @DuniaNarutoID di Twitter, Ridzky, karakter Naruto dan Boruto di Indonesia masih digemari.

"Jadi nggak heran kalau Naruto masih jadi bahan perbincangan," tutur Ridzky, yang menjadi admin sejak 2019.

Ridzky yang juga menjadi mahasiswa menuturkan penulis cerita manga Boruto: Naruto Next Generations pintar dengan strategi pemasarannya. Ia selalu terpikir berbagai cara agar naskah di manga Boruto menjadi perbincangan dunia.

[Gambas:Instagram]



Misalnya saja identitas Kashin Koji yang dibuat mirip dengan guru Naruto Jiraiya. Cerita itu turut viral di timeline Twitter Indonesia.

Atau teori mengenai Naruto yang mati sampai mata Sasuke yang ditusuk di akhir manga Boruto chapter 53 yang terbit bulan lalu.

"Dia (Ukyo Kodachi) sengaja mancing biar orang itu tertarik dan penasaran, benar nggak sih Naruto mati. Memang penulisnya itu pintar strategi marketingnya, kepikiran itu bagaimana caranya agar terus trending," katanya.

Kini dari manga Boruto chapter 53 yang terbit 20 Desember 2020, manganya sudah dipegang lagi kendalanya di tangan Masashi Kishimoto. Menurut Ridzky, ceritanya bakal kembali kepada plot twist yang ada di manga-manga Naruto.

"Sasuke ditusuk kan matanya, sama seperti Madara Uchiha yang juga ditusuk oleh Black Zetsu yang dikira ada di pihaknya. Orang nggak nyangka padahal Zetsu berkhianat," tuturnya.

"Sekarang di manga Boruto, plot twist kayak gitu. Diterapkan lagi. Suasana lagi happy tiba-tiba saja pembaca kaget kalau mata Sasuke ditusuk dari belakang. Ada plot yang tidak terduga," sambung Ridzky.

Komunitas Dunia Naruto ID tak hanya memberikan bocoran atau spoiler mengenai hal-hal ter-update tentang Naruto maupun Boruto. Tapi juga karakter-karakter yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto.

Bagaimana cerita berikutnya? Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Naruto Dikabarkan Mati, Meme Yasinan Ramaikan Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)