Spotlight

Clara Ng Seimbangkan Aktivitas Menulis dan Sebagai Ibu

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 22 Des 2020 15:05 WIB
clara ng
Clara Ng Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

Clara Ng dikenal sebagai penulis buku terlaris yang serbabisa. Dimulai dengan menulis novel dewasa, metropop, remaja, sampai puluhan buku anak.

Aktivitas menulis buku dilakoni Clara Ng sembari membesarkan kedua anaknya. Ketika masih kecil, dia mengaku agak sulit bekerja di luar rumah karena membesarkan anak-anak.

Tapi kini dua anak Clara Ng sudah besar dan mengenyam pendidikan di bangku kuliah serta SMA.

"Sekarang mereka belajar mandiri, saya pun juga lebih punya banyak waktu untuk bekerja di luar. Sekarang saya tidak setiap hari berada di rumah juga," tuturnya ketika diwawancara detikcom, belum lama ini.

Menurut Clara Ng, membesarkan anak adalah tanggung jawab yang besar sekaligus penting.

"Semua pekerjaan yang berhubungan dengan anak-anak adalah prioritas nomor satu saya," sambung Clara Ng.

Jika sebelum anak-anaknya besar, Clara Ng harus membagi waktu antara pekerjaan di rumah dengan menulis, kini ia lebih leluasa.

Buku anak-anak 'Dru dan Kisah Lima Kerajaan' karya Clara NgBuku anak-anak 'Dru dan Kisah Lima Kerajaan' karya Clara Ng Foto: Istimewa

"Setiap orang mempunyai ritme dan jam kerja sendiri. Saya juga bebas menulis kapan saja," katanya.

Sejak kecil, Clara Ng aktif membacakan buku cerita dan dongeng kepada anak-anaknya. Bahkan kedua anaknya senang membaca buku-buku yang ditulisnya. "Mereka senang dengan buku saya, yang nomor satu membaca semuanya, yang nomor dua tidak membaca semuanya," ungkap penulis Dru and the Tale of the Five Kingdoms.

Awal 2019, Clara Ng membuat pengumuman di akun Twitter kalau bakal hiatus atau berhenti sementara untuk menulis karena sedang membantu anak sulungnya. Saat itu, anaknya berada di tahun terakhir sekolah menengah pertama dan turut serta mendaftar di kampus yang dituju.

Setelah memberikan dukungan kepada anaknya tersebut, kini ia kembali menulis buku terbaru. Tapi secara khusus Clara Ng belum mau membocorkannya.

"Ada, tapi belum selesai. Jadi nggak bisa dibocorkan juga sih," tukasnya sembari tertawa.

Perempuan kelahiran 28 Juli 1973 itu merilis novel perdana Tujuh Musim Setahun (2002) dan trilogi novel Indiana Chronicle. Dikutip dari Wikipedia Indonesia, sejak itu Clara Ng telah meluncurkan beberapa novel serta sejumlah cerita pendek (termasuk satu antologi), 21 buku anak, dan beberapa koleksi cerita dongeng.

Sampai tahun 2008, Clara Ng telah menulis 21 buku anak dalam tiga seri yakni Berbagi Cerita Berbagi Cinta (dimulai sejak 2006 meliputi tujuh buku), Sejuta Warna Pelangi (dimulai sejak 2007 meliputi sembilan buku), dan Bagai Bumi Berhenti Berputar (dimulai sejak 2008 meliputi lima buku).

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Dapat Ucapan Manis dari Gempi, Gisel Sebut Bukan Ibu yang Sempurna"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)