Spotlight

Di Balik Cerita Story of Kale

Devy Octaviany - detikHot
Minggu, 25 Okt 2020 09:46 WIB
Story of Kale
Film Story of Kale Foto: (dok. Visinema Pictures)
Jakarta -

Visinema Pictures merilis film terbaru mereka dari semesta Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film tersebut adalah spinoff berjudul Story of Kale.

Kisahnya berpusat pada karakter Kale. Tokoh di NKCTHI itu adalah sosok yang membuat karakter Awan yang diperankan Rachel Amanda patah hati.

Ternyata bukan tanpa alasan Kale begitu menyebalkan seperti itu. Film ini menguraikan masa lalunya dalam durasi kurang lebih satu jam.

detikcom berkesempatan berbincang dengan penulis naskah film ini, M Irfan Ramli. Pria yang akrab disapa Ipang ini mengungkapkan proses kreatif Story of Kale.

Ia mengungkapkan rencana penggarapan film ini sudah masuk dalam rencana Visinema saat merilis Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

"Jadi memang secara proses kita sudah membayangkan ini jauh ketika kita sedang mendevelop film NKCTHI. Memang sudah bagian dari karakter development yang kita lakuin," ungkapnya.

M Irfan Ramli menambahkan, naskah film ini ia tulis selama kurang lebih dua bulan. Tak banyak kesulitan yang ia akui hadapi, terlebih dirinya penulis yang menganut paham writer's block (kehabisan ide menulis) adalah mitos.

Story of KaleStory of Kale Foto: (dok. Visinema Pictures)

"Kale ini bukan sesuatu yang baru kita develop. Secara waktu, memang ada naskah yang lebih lama ditulis butuh bertahun-tahun, ada yang lebih cepat karena prosesnya sudah dimulai dan tinggal dilanjutkan," ungkap Irfan.

Story of Kale secara garis besar mengisahkan tentang hubungan asmara antara Kale dan seorang perempuan di masa lalunya. Namun lebih dari itu, film ini juga mengangkat isu toxic relationship.

M Irfan Ramli melakukan riset khusus tentang hal itu dalam penulisan skenario film ini.

"Bisa dibilang, saya mengumpulkan banyak sekali pengalaman-pengalaman dan peristiwa yang dialami oleh orang-orang sekitar. Bagaimana Kale punya hubungan yang dibayangkan bakal menjadi sesuatu yang istimewa tapi kemudian ada arah yang lain. Selalu ada hubungan yang membawa lo dalam terminologi menyebutnya sebagai toxic relationship," urai Irfan Ramli.

Sebelumnya, M Irfan Ramli berada di balik pembuatan naskah film di antaranya sekuel Love for Sale, Generasi 90an Melankolia juga Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Namun di antara film-film lain yang sebelumnya ia tulis, Story of Kale menjadi proyek film terunik yang pernah ia garap. Simak di artikel selanjutnya!

Tonton video "'Story of Kale', Spin-off Film 'NKCTHI' yang Menguak Sosok Kale" di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(doc/tia)