Spotlight

Ingin Ikut Inktober Indonesia? Seniman Wajib Gambar Pakai Tinta

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 20 Okt 2020 19:03 WIB
Komunitas Inktober
Komunitas Inktober Indonesia Foto: Inktober/ Instagram
Jakarta -

Komunitas Inktober punya ciri khas khusus bagi seniman yang ingin terlibat. Apa saja ciri khas yang diwajibkan tersebut?

Kevin dari Inktober Indonesia menuturkan Inktober meminta agar seniman dan ilustrator yang membuat ilustrasi menggunakan media tinta. Bisa saja pulpen atau spidol.

"Tinta ini kan alat menggambar yang tradisional yah, sudah paling basic sih buat seniman. Tinta ini mengacu kepada pen drawing ya, makanya kebanyakan nuansanya hitam putih," tutur Kevin ketika dihubungi detikcom, Selasa (20/10/2020).

"Tapi sih sekarang ada mixed media yah, yang dicampur dengan pensil warna, watercolor, ada juga yang karya digital. Sekarang kami terima-terima saja ya karya itu," sambung Kevin.

Salah satu ilustrasi menarik yang diunggah Inktober Indonesia adalah gambar yang dibuat akun @darmo1607. Ia membuat ilustrasi seorang pria mengenakan setelan jas yang bagian kepalanya seperti globe dunia.

Tapi kepala globe dunia itu tampak sedang tertekan dan kesakitan. Di sekitarnya, ada banyak kepala-kepala orang yang menyerang dengan senyuman yang jahat.

Ada juga gambar perempuan berambut panjang dengan pakaian kebaya yang tampak sedang menggunakan kekuatannya. Ilustrasi berjudul 'Natural Mystic in the Ocean' menampilkan karya dari @kang_imrun.

"Tahun ini sebenarnya tidak ada tema yang bertepatan dengan tema Corona, ada tema dari Inktober global tapi itu jadi acuan saja, nggak harus sih," kata Kevin.

Kevin menceritakan Inktober Indonesia tahun lalu, pernah membuat tema khas Indonesia yang mencerminkan budaya bangsa. Tapi untuk tahun ini, tidak ada tema khusus yang diterapkan.

[Gambas:Instagram]



"Karena kami tujuannya adalah jejaring dan mencari koneksi. Itu sih tujuannya," lanjutnya.

Inktober secara global dimulai pada 2009 oleh Jake Parker. Lewat komunitas Inktober yang didirikan, ia ingin menantang para seniman dan ilustrator agar meningkatkan kemampuan berkarya setiap hari.

Bulan Oktober pun sengaja dipilih sebagai bulannya Inktober yang mengajak siapapun menggambar.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kai Bicara soal Dukungan Baekhyun dan Taemin SHINee"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)