Spotlight

Cerita Komikus Haryadhi Buat Komik Pendek soal Karantina Pandemi

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 29 Sep 2020 16:51 WIB
12 Komik Pendek soal Pandemi Karya Rekaan Sejawat
Foto: Rekaan Sejawat/ Instagram
Jakarta -

Komikus Haryadhi membuat tiga cerita komik pendek soal pandemi dan karantina yang terjadi di Indonesia. Namanya menjadi salah satu dari 12 komikus dan ilustrator yang tergabung dalam kelompok Rekaan Sejawat.

Komik pendek Romantikarantina yang bergenre romansa ditulis oleh dirinya sendiri. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi komikus kelahiran Jakarta tersebut.

"Saya biasa bikin komik yang satire, sosial, dan politik, bisa dilihat di @kostumkomik. Walau pun saya tidak terlalu sering bikin komik romansa karena terbiasa komik serius, saya akhirnya coba-coba," tuturnya saat dihubungi detikcom.

Haryadhi mengatakan komik pendek Romantikarantina adalah eksplorasi yang ceritanya terinspirasi dari mahasiswa dan mahasiswi asal Wuhan yang pulang ke Indonesia dan harus menjalani karantina di Natuna.

"Inspirasinya ada banyak cerita orang Amerika yang dating di masa pandemi, ada yang pakai drone juga. Lalu ini saya gabungkan di masa awal pandemi kan banyak WNI dari Wuhan yang pulang dan harus melalui proses karantina, saya racik jadi cerita romansa," tuturnya.

"Gimana kalau romantika terjadi di Natuna dan harus kembali ke daerahnya masing-masing. Menurut saya ini sudut pandang yang menarik untuk dibahas," lanjut Haryadhi.

Di komik pendek Kakak & Adik, Haryadhi bertugas sebagai penulis cerita dan digambar oleh Wibiksana Garry. Setting komik bagaimana kalau pandemi tak kunjung usai sampai akhirnya membuat situasi jadi gersang.

Haryadhi mencontohkan situasinya seperti dalam setting film Mad Max dan post-apocalyptic.

Berbeda halnya dengan komik pendek Kapan yang digarap Haryadhi bersama dengan Dini Marlina. Komiknya lebih bergenre tentang drama keluarga, seorang anak perempuan yang kangen dengan teman-teman kerena sekolah diliburkan.

Selain Haryadhi dan Yulian Ardhi, ke-12 komikus yang berpartisipasi di antaranya adalah Met Mangindaan, Tyaseeta, Fahmi 'Uco', WD Willy, Masdimboy, Dini Marlina, Wibiksana Garry, Amir Muchtar, Cindy Saja, dan Diyan Bijac.

Karya 12 komik pendek dari 12 komikus Tanah Air itu bisa dibaca lewat https://karyakarsa.com/rekaansejawat.



Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)