Spotlight

Maag Kambuh tapi Dikira Kena Corona di Komik Tolong, Bu Dokter!

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 29 Sep 2020 13:53 WIB
Komik Pandemi
Komik Pandemi dari Yulian Ardhi / Foto: (dok. Yulian Ardhi)
Jakarta -

Komikus Yulian Ardhi punya pengalaman tak mengenakkan saat awal pandemi mewabah di Indonesia. Kebiasaan makan makanan pedas membuat editor komik untuk Octopus Garden Publishing itu punya sakit maag.

Saat maag-nya kambuh dan membuat mual sampai muntah, Yulian Ardhi merasa gejalanya mirip dengan pasien yang terpapar COVID-19.

Pengalaman pribadi itulah yang dituangkan Yulian Ardhi lewat komik pendek Tolong, Bu Dokter! yang rilis di situs karyakarsa.com. Karyanya adalah salah satu dari 12 komikus yang tergabung dalam Rekaan Sejawat dan menggarap komik pendek soal pandemi.

Yulian Ardhi menceritakan pengalaman maag kambuh yang membuatnya terpaksa datang ke IGD sebuah rumah sakit di awal pandemi, membuatnya terkejut.

"Saya ke IGD maksudnya biar nggak terlalu antri siang, jalanan Jakarta masih cukup sepi, di rumah sakit aturannya juga ketak. Benaran yang sakit yang diperiksa dan anak-anak nggak boleh masuk," tuturnya ketika dihubungi detikcom.

Ia mengatakan ketika datang ke rumah sakit, kaget dengan kondisi tenaga medis yang memakai pakaian APD lengkap. "Seperti di film-film bencana, tapi kejadiannya saya tambahin agak dramatisir," kelakarnya.

Saat ia membuat komik pendek itu, respons pembaca terbilang positif. Sebenarnya, lanjut Yulian, saat pandemi dan karantina bisa menginspirasi siapa pun untuk berkarya.

"Dari kejadian sehari-hari juga bisa yah, apalagi ada kejadian luar biasa kayak gini. Bisa jadi inspirasi juga dan harus dicatat dalam sejarah," lanjutnya.

Lewat karyanya, ia tidak ingin membuat komik pendek yang suram maupun soal kritik di masa pandemi seperti sekarang.

"Kita sudah cukup kesal dengan adanya pandemi sampai sekarang, yang nggak tahu kapan selesainya atau ketemu vaksinnya. Akhirnya kita semua bertahan demi kesehatan keluarga masing-masing," tukasnya.

Karya 12 komik pendek dari 12 komikus Tanah Air itu bisa dibaca lewat https://karyakarsa.com/rekaansejawat. Setiap komiknya ada harga tertentu yang harus dibayar sebelum membaca.

Tapi bagi kamu pencinta komik yang butuh hiburan di masa pandemi, tak ada salahnya membaca komik pendek Rekaan Sejawat. Simak artikel berikutnya ya!



Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)