Spotlight

Pandemi Bikin 12 Komikus Garap Komik Pendek

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 29 Sep 2020 10:48 WIB
12 Komik Pendek soal Pandemi Karya Rekaan Sejawat
Foto: Rekaan Sejawat/ Instagram
Jakarta -

Tak ada yang tahu kapan berakhirnya pandemi COVID-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia. Di tengah situasi tak menentu akibat pandemi, belasan komikus yang tergabung dalam Rekaan Sejawat menginisiasi lahirnya komik pendek.

Komik pendek yang benar-benar singkat itu tak seperti cerita bergambar biasa. Komik pendek Rekaan Sejawat bertemakan pandemi dan karantina serta berasal dari berbagai macam genre cerita.

Ada 12 perspektif, 12 cerita, dan 12 komik pendek yang dihadirkan lewat Rekaan Sejawat. Bagaimana terciptanya Rekaan Sejawat?

Komikus kelahiran Jakarta, Haryadhi, menceritakan ide di balik terciptanya Rekaan Sejawat.

"Project ini tadinya tuh ada teman kami yang membawa ide dari penerbit yang tadinya pengin menerbitkan komik cetak soal pandemi. Tapi singkat cerita tidak berjalan lancar, sedangkan sudah ada komikus yang jalan. Ya sudah deh saya ambil alih biar kita tetap terbit cari format lain," tutur Haryadhi ketika diwawancarai detikcom.

Awalnya hanya tiga komikus yang bergabung yakni Yulian Ardhi dan Met Mangindaan, lalu bertambah menjadi 12 komikus. Para komikus pun dibebaskan genre cerita maupun gaya menggambar.

"Yang penting ada tema besar soal pandemi atau Corona. Kita mau ada pesan positif di tengah pandemi, nggak mau menjadi komik yang suram dan pesimis," lanjut Haryadhi.

Hal tersebut juga diamini oleh komikus Rekaan Sejawat lainnya, Yulian Ardhi. Ia menuturkan sebagian masyarakat bingung dan cemas dengan adanya pandemi.

"Jadi yang mau disampaikan ke publik lebih ke berbagi apa yang kita atau kami rasakan masing-masing. Kesedihan tidak bisa bertemu keluarga, rasa cemas. Karya kami diunggah berbayar ke karyakarsa.com dan bisa dibaca di sana," kata Yulian yang membuat komik pendek berjudul Tolong, Bu Dokter!

Selain komik pendek Tolong, Bu Dokter!, ada juga komik Romantikarantina karya Haryadhi, Pada Suatu Hari karya Fahmi Uco Adi Chaya, Jekiboi ciptaan Met Mangindaan, Ego El Coro karya Tyasseta sampai Masakorona ciptaan Cindy Saja.

Kali ini, spotlight Culture bakal membahas mengenai 12 komik pendek Rekaan Sejawat di masa pandemi sekarang. Simak artikel berikutnya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)