Spotlight

Punya Ciri Khas dan Konsisten, Saran Si Ocong Buat Komikus Muda

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 15 Sep 2020 14:35 WIB
Komik Si Ocong
Komikus Si Ocong punya saran bagi komikus muda yang ingin berkarier di media sosial Foto: si.ocong/ Instagram
Jakarta -

Setiap komikus muda pastinya punya rasa tidak percaya diri ketika akan menerbitkan sebuah karya. Komikus Si Ocong Agung Gunawan asal Bandung punya saran bagi mereka yang ingin berkarier di komik online.

"Yang penting punya karakter, ciri khas, dan konsisten. Awal komik Tahilalats keluar juga diejek tapi sekarang malah banyak yang ikuti gambarnya dan dianggap punya ciri khas," tutur Agung Gunawan, ketika dihubungi detikcom, Selasa (15/9/2020).

Agung mencontohkan kualitas sebuah karya memang nomor pertama. Tapi kalau karyanya hanya diunggah atau dipublikasikan selama sebulan atau setahun sekali, karyanya menjadi tidak menarik.

"Kalau pengin eksis terus ya jangan cuma sekali. Ya sekarang itu harus eksis terus nanti ketinggalan sama orang lain," sambung Agung.

Saran lainnya adalah komikus yang baru berkarya tidak harus memikirkan konten-konten yang langsung menjadi besar.

Komik Si OcongKomik Si Ocong Foto: si.ocong/ Instagram

"Intinya sabar, bikin karya itu dengan senang hati bukan paksaan. Saya juga gitu. Kalau bikin dengan senang karyanya bakal bagus, kalau paksaan jadi tekanan dan karyanya jadi biasa saja," kata pria lulusan Sekolah Menengah Seni Rupa 14 Bandung.

"Kalau mau berkarya, ya nggak usah mikir followers. Kalau disenangi orang, karyanya juga bakal naik sendiri," sambungnya.

Agung mengatakan belajar menggambar ketika mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Ia hanya belajar desain grafis dan bukan komik sama sekali.

Selesai sekolah di SMSR 14 Bandung, ia langsung belajar dari pengalaman dengan bekerja di banyak tempat. Pada 2009, Agung bekerja di studio animasi Bang One yang tayang di TV One di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Agung pun sempat belajar mendesain perhiasaan di Bandung sampai tahun 2013. Lanjut lagi menggambar karikatur bersama teman-teman komunitas.

[Gambas:Instagram]



Setelah berbagai pengalaman itu, ia mulai memberanikan diri untuk membuat komik Instagram @si.ocong. Setahun berikutnya, mengikuti Webtoon Challenge di LINE Webtoon Indonesia sampai menjadi rising star di pertengahan 2016.

Dari situ, jalan karier Agung sebagai komikus mulai terbuka lebar. Berbagai tawaran menghampirinya sampai karyanya diterbitkan dalam bentuk buku oleh penerbit Bukune di 2017.

"Pas keluar sekolah, saya baru merasakan wow belajar dari pengalaman dan pas kerja ilmu menjadi semakin bertambah," tukasnya.



Simak Video "Pidato Menyentuh BTS Jadi Sorotan di Perayaan Hari Pemuda Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)